Perang PTPP lawan Dana Jokowi Effect*


Selamat pagi…

Gile bener market pagi ini. Saya sih dari pagi sudah cenderung bearish karena kondisi tidak kondusif. Regional jelek, kemarin IHSG signal jelek, kinerja ITMG dibawah ekspektasi, plus Dollar sudah diatas 13.200.

Eh.. lha kok ini IHSG naik.

Berasa banget kalau market dijagain. Siapa ya? Apa penjamin emisi PTPP Properti? Size IPOnya sih Rp 1,5 tr. Gak heran kalau marketnya dijagain.

Problem ketika market dijagain adalah: kalau asingnya sedang mau jualan.. jualan mereka biasanya malah bisa lebih ganas. Di pasar reguler.. net sell asing untuk 30 menit pertama sudah sebesar RP 140 miliar. Kalau mereka konsisten.. berarti hingga sore nanti.. kemungkian sudah diatas Rp 300 miliar… bahkan bisa diatas Rp 500 miliar.

Dari hitungan kami pada aliran dana asing di pasar reguler…. Posisi asing jangka pendek, yang dibeli sejak awal 2015, saat ini sudah habis. Yang ada tinggal posisi Dana Jokowi Effect yang jumlahnya sekitar Rp 27 tr – Rp 30 tr itu.

Pertanyaan utamanya adalah: bener niy mau jagain market? Bener niy untuk jagain IPO Rp 1,5 tr mau menerima tekanan jual yang jumlahnya bisa lebih besar dari itu?

Hehehe.

Saya sih… sejauh ini masih yakin bahwa short term bearish saya… masih didukung sepenuhnya oleh sikap temperamental dari Mas Agus Marto. Mas Agus tidak akan mudah menyerah. Mas Agus tidak akan mudah tunduk dengan Pemerintah. Secara.. dia kan yang ngangkat SBY. Jadi.. beliau tidak merasa perlu untuk loyal dengan Pemerintah yang sekarang. Sehingga berantemnya dia vs Tim Ekonomi… sepertinya bakal membuat Rupiah berantakan dalam beberapa hari mendatang. Kita tinggal lihat… 13.250 nya bisa bertahan atau tidak. Kalau gagal bertahan… ya sudah.. next resisten yang kuat.. ada di 13.500 (meski di 13350 juga ada resisten).

So… saya masih berada dalam posisi sell on strength. Kalaupun ada posisi trading… sepertinya tidak akan besar. Saya kepingin lihat niy… perang antara Dana Jokowi Effect melawan Dana IPO PTPP .. yang menang siapa…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: