Belajar Sambil Meningkatkan Rasa Percaya Diri*

150517 Fortune Teller

Selamat pagi…

Saya itu … memiliki kebiasaan yang aneh.  Kalau menjelaskan suatu teori, saya paling suka menjelaskan dengan menggunakan ‘kejadian yang belum terjadi’.  Menjelaskan sambil memprediksi.  Seperti misalnya… ketika menjelaskan tentang Teori Double Top beberapa waktu yang lalu saya mulai membahas mengenai masalah Double Top ini pada tanggal 16 April 2015, ketika IHSG masih diatas level 5.400.

Pada tulisan yang saya upload pada tanggal 17 April saja, gambar IHSGnya masih seperti ini:

150417 IHSG

Sudah begitu… selang beberapa hari.. IHSG malah bergerak naik.  IHSG tanggal 21 April… bahkan masih bergerak naik hingga diatas level 5.450.  Sudah begitu… IHSG bertahan di sekitar level 5.450 ini.. selama 4 hari berturut turut, hingga akhir minggu keempat di bulan April.  Jujur.. ketika itu.. saya juga gak yakin apakah target dari double top di 5200 bisa tercapai.  Saya hanya yakin bahwa target double top sederhana di 5.350 yang akan diuji.  Ternyata… market berkehendak lain.

Baru setelah itu.. gara-gara kinerja emiten yang buruk (dimana saya juga sempat bikin warningnya), IHSG kemudian bergerak turun, menuju target dari double top di 5200.  Gak cuman itu… IHSG bahkan terus menghujam turun hingga hampir mencapai level psikologis 5.000 sebelum kembali rebound.

150517 Target Double Top Tercapai

Kalau anda tanya… Mengapa saya melakukan hal ini? Mengapa saya berusaha untuk posting suatu teori sebelum teori itu membuktikan kebenarannya?

Well… semua orang juga tahu lah.  Diluar sono.. orang yang apatis terhadap analisis teknikal.. jelas sangat banyak.  Yang bilang kalau gak masuk akal lah.. self fulfilling prophecy lah… dan masih banyak lagi.  Saya hanya kepingin membuktikan… bahwa teori yang ada pada analisis teknikal itu benar adanya.  Dan.. gak pake ‘lama’.  Mereka yang bilang bahwa teori teknikal itu sampah… teori teknikal itu absurd… gak mungkin… semua akan mudah untuk terbungkam ketika kebenaran kemudian terbukti .. dalam waktu singkat lagi!

Terlebih lagi… belajar sampai memprediksi dengan cara seperti ini… juga memiliki tujuan yang lain:

Kalau ternyata teori itu benar, anda akan semakin percaya diri dalam menggunakan teori tersebut dalam waktu yang akan datang!

Prediksi pergerakan harga itu… tidaklah sulit.  Prediksi pergerakan harga itu … sederhana.  Apalagi kalau anda melakukannya dengan melalui analisis teknikal. Anda hanya perlu belajar, lakukan, dan percaya.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

 

Comments
2 Responses to “Belajar Sambil Meningkatkan Rasa Percaya Diri*”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] apa kata saya beberapa waktu yang lalu…  saya memang suka mengajak Belajar Sambil Memprediksi, Belajar dari sesuatu yang belum […]

  2. […] apa kata saya beberapa waktu yang lalu…  saya memang suka mengajak Belajar Sambil Memprediksi, Belajar dari sesuatu yang belum […]



Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

