Posisi Jokowi Effect Mulai Dilepas?*


Selamat pagi…

Net sell dari pemodal asing di pasar reguler pada perdagangan kemarin, sebenarnya tidak besar.  Hanya sebesar Rp 228,11 miliar.  Trend dari aliran dana asing yang keluar dari Bursa Efek Indonesia (BEI) juga cenderung menurun dalam 3 hari perdagangan terakhir.  Akan tetapi… posisi net sell tersebut… signalnya tidak terlalu bagus karena menandai habisnya posisi dana asing jangka pendek yang masuk di bursa kita semenjak pertengahan Januari 2015 lalu.

150617 Aliran Dana Asing

Dana asing yang sempat masuk sebesar Rp 14,5 trilyun hingga awal Maret kemarin, telah berangsur-angsur keluar dalam dua bulan terakhir, dan pada perdagangan kemarin… aliran dana asing ini sudah habis terjual.

Artinya… jika ada posisi net sell lagi dari pemodal asing pada hari Senin nanti, itu berarti pemodal asing mulai melepas posisi jangka panjang yang sudah dilakukan pada periode Desember 2013 – Desember 2014 … Posisi Jokowi Effect.

So… saya tidak bilang bahwa pemodal asing akan melepas keseluruhan dari Rp 26,7 trilyun yang saat ini masih mereka pegang.  Tapi… setidaknya.. kedepan… saya akan lebih berhati-hati.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: