Mengenal Siklus: Belum Saatnya Hilang Harapan…*


Selamat pagi…

Sebagai seorang analis teknikal… saya percaya bahwa pergerakan harga itu memiliki arah: naik, turun, atau mendatar.  Akan tetapi.. .tetap saja.. day to day pergerakannya… pergerakan hari ke harinya… tetap saja random.  Tetap saja susah untuk diprediksi.  Ada yang mudah sih… tapi tetap saja ada yang susah.

Mudah atau susahnya harga untuk diprediksi… terkadang bisa dilihat dengan mata telanjang atau tepatnya sudah terlihat dari pergerakan harga yang kasat mata…. bahkan oleh mereka yang tidak berpengalaman sekalipun.

Prediksi itu adalah… memperkirakan ‘next value’ (angka berikutnya) dari sebuah pergerakan harga.  Jadi.. ketika kita memprediksi pergerakan harga (secara teknikal)…. itu sebenarnya.. kita sedang berusaha untuk menebak… harga berikutnya ini.. mau dimana? Mau naik? Mau turun? Ataukah tetap saja.  Terkadang susah… terkadang gampang.

Sekarang begini…

Mari kita lihat grafik berikut ini:

150521 GDP Amerika

Menurut anda… apakah kira-kira.. bilangan berikutnya diprediksikan? Kalau saya sih.. biulangnya tidak.  Pergerakan harga terlihat random.. naik turun.. bilangan berikutnya… mau naik atau turun… sangat sulit untuk diprediksi.

150521 GDP Singapura

Yang diatas ini juga sama saja.  Kalau saya disuruh prediksi… angka berikutnya semestinya diantara 0 dan 10.. tapi mau naik atau turun.. sepertinya memang masih gak jelas.

150521 GDP Malaysia

Kalau yang ini… kita sudah bisa melihat siklus pergerakanm harganya.  Pada periode 2006 – 2012… harga akan bergerak dalam hitungan 1-2-3.  Pada hitungan 1.. harga akan turun… pada hitungan 2.. harga naik.. dan pada hitungan 3… harga naik lebih tinggi lagi.. tapi ketika kembali ke hitungan pertama.. harga kembali turun.  Kalau pergerakannya seperti ini.. prediksinya agak lebihm mudah.  Meski.. kalau sekarang… karena semenjak 2014.. angkanya jadi random gitu… ya tetap saja susah untuk diprediksi.

Nah.. sekarang… mari kita lihat gambar berikut ini:

150521 GDP Indonesia

Lihat saja… harga bergerak dalam hitungan 1-2-3-4 … dimana kalau sudah masuk ketukan pertama… harga akan bergerak dalam area minus.  Pada hitungan 2-3-4… harga akan naik lagi… tapi giliran 1 … pasti minus… dan itu… sebelum 2015.. sudah berjalan 9 kali !!! di tahun 2015 ini .. adalah kejadian yang ke 10!!!

Moral of The Story…

Hehehe… saya itu.. belakangan … sedang belajar jadi ekonom-ekonoman.  Setelah belasan tahun gak pernah baca-baca perkara ekonomi (kecuali sedikit waktu kuliah S2 kemarin).. saya belajar ‘membahas’ tentang ekonomi lagi.  Karena belajar… saya kemudian berasumsi.. bahwa harga itu bergerak random… bahwa pertumbuhan ekonomi itu… gerakannya harusnya tidak berpola.  Akan tetapi.. ternyata.. saya baru saja sadar.. bahwa ekonomi Indonesia itu… ternyata.. pertumbuhannya menunjukkan pola.  Setiap kuartal keempat, pertumbuhan ekonomi kita selalu minus.  Gak cuman minus… tapi minus dalam lagi.  Kuartal pertama ekonomi mulai membaik.. kuartal kedua lebih baik lagi.. terus puncaknya nanti di kuartal ketiga.  Setelah itu.. hancur lagi.  hehehe.

Untuk tahun 2015 ini… angkanya memang berbeda.  pada kuartal pertama tahun ini… adalah pertama kali dalam 9 tahun terakhir.. dimana pertumbuhan ekonomi masih tetap minus.  Minusnya memang berkurang di bandingkan dengan kuartal ke 4…. tapi tetap saja minus.  Suatu keadaan yang tidak pernah terjadi dalam 9 tahun terakhir.  Ini yang menunjukkan .. bahwa kondisi saat ini .. memang gawat.  Tapi.. kalau dibilang tanpa harapan.. enggak juga.  Masalahnya .. dalam 9 tahun terakhir.. pertumbuhan ekonomi memang cenderung membaik pada kuartal kedua dan ketiga.  Itu sebabnya.. meskipun kondisi saat ini memang jelek.. saya bilang: kita belum saatnya hilang harapan.  Karena.. bisa saja keadaan ekonomi di dua kuartal kedepan.. bakal lebih baik.

Benarkah begitu?

Hehehe… saya juga tidak tahu.  Kondisi saat ini yang jelek.. sebenarnya juga sudah diluar perkiraan.  Jangan… jangan…. nanti ‘diluar perkiraan’ lagi?

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: