S&P Hanya Naikin Outook.. Bukan Naikin Peringkat…*


Selamat pagi…

Ini … posisi asing di pasar reguler… masih berada dalam posisi net sell. Hingga jam 9.36… angkanya memang masih kecil.. masih dibawah Rp 15 miliar. Tapi.. tetap saja.. angkanya net sell.

Dengan posisi asing yang net sell ini… satu fakta yang harus kita sadari adalah: eh.. ternyata.. kenaikan outlook kemarin… tetap tidak membuat pemodal asing berminat untuk melakukan posisi beli. Mereka masih bertahan dalam posisi net sell.

IHSG.. memang sedang berada di resisten. Resisten retracement 61.8% di 5325 – 5335. Kalau kita pake teori Retracement 61,8% niy… berarti kalau IHSG revesal (tembus suport gap 5.273 – 5.278) berarti arahnya ke ret 38,2% di 5.210.

Saya sih.. tetap woles. Selow. Saya gak pingin buru-buru positioning. Sepertinya sih.. saya cuman mau nunggu.. apakah IHSG bisa menembus suport atau enggak.. apakah saham-saham big caps hari ini bisa bisa bertahan diatas suport atau enggak. Sejauh ini.. ASII dan BBRI sudah running dibawah suport pertama.. BMRI juga sudah dibawah suport pertama.

Terus.. saham-saham CPO yang dua minggu terakhir menjadi penggerak dari IHSG.. setelah kemarin gagal bertahan diatas suport.. hari ini juga terlihat gagal menembus resisten. Dengan kata lain.. sektor penggerak sentiment dari IHSG.. juga sudah berada dalam trend turun.

So… Saya duduk manis saja. Naik Outlook itu… bukalah Naik Peringkat. Sentimennya beda. Sentimennya tidak cukup kuat untuk membuat pemodal asing mengubah posisi dari jual menjadi beli. Itu berarti… saya juga tidak buru-buru beli.

Sepertinya sih.. kalau cuman ditutup diatas gap 5.273 – 5.278 di sore hari nanti.. IHSG sepertinya masih bisa. Tapi.. just in case tidak bisa ditutup diatas itu… berarti memang saya mau nunggu IHSG 5.210 dulu.. baru saya mau berpikir untuk belanja.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: