IHSG di Fibo 61.8%


Selamat pagi…

Saya itu… sedang males bullish.  At least untuk short term.  Medium to long term… saya masih pegang skenario kalau trend naik IHSG bakal bikin titik tertinggi di 6100-6350.  Tapi… untuk short term… saya sedang males bullish.

Entah itu cuman 5210… entah itu malah 4975 – 5100… saya memang sedang kepingin bearish.

Tapi…  Net sell asing masih relatif manageable… sizenya masih mudah dikalahkan oleh fund lokal.

Berita negatif sih ada: Yellen hari Jumat kemarin memastikan kalau The Fed mau naikin suku bunga tahun ini.  Bukan barang baru memang… tapi itu membuat DJI pada hari Jumat kemarin ditutup dibawah suport pertamanya.  Signalnya sih jelek.. karena ditutup dibawah suport.  Cuman biasanya… kalau cuman turun 50an poin gitu… IHSG juga masih bisa naik.  Atau minimal… IHSG juga belum tentu turun.

IHSG hari ini… suport di kisaran gap 5.273 – 5.278.   Resisten di 5325 – 5350.  Arahnya masih gak jelas… bervariasi.  Net sell asing memang semakin mengkhawatirkan karena semakin agresif.  Perubahan outlook dari S&P kemarin.. ternyata tidak membuat pemodal asing berbalik dari posisi jual menjadi posisi beli… tapi posisi net sell asing di pasar reguler pada hari  Jumat kemarin, malah naik 3 kali lipat dari hari Kamis.  Cuman ya gitu.. net sell asing itu.. selama masih dibawah 600 miliar, biasanya masih bisa ditelen sama fund-fund lokal.  ‘Biasanya’… hehehe.

150525 IHSG ret 618

Posisi terakhir dari IHSG… sebenarnya cukup menarik.  Kalau kita kemarin belajar tentang hukum pergerakan harga dalam Fibonacci Retracement 61,8 persen, posisi terakhir IHSG saat ini sedang berada di sekitar retracement 61,8 persen dengan pergerakan langsung.  Artinya: kalau suport gap di 5.273 – 5.278 gagal bertahan… atau malah… kalau suport pertama IHSG di 5.298 gagal bertahan, IHSG bakal terkoreksi dengan target minimal di 5.210 untuk jangka pendek.

So… kepingin saya sih… IHSG ke 5.210 dulu.  Tapi… market kan sudah 3 minggu dijagain sama yang punya gawe IPO PPRO.  Jadi… tanpa penutupan IHSG dibawah 5.298 … sepertinya saya hanya bisa dalam tahap ‘kepingin koreksi’.  Kita lihat saja realitanya seperti apa.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: