Harpitnas…*


Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 1 Juni 2015

Selamat pagi…

Hari ini adalah hari pertama di bulan Juni. Hari pertama di setiap bulan, berarti hari ini adalah hari pengumuman data inflasi. Ditengah pergerakan harga menjelang bulan Ramadhan, konsensus ekonom yang kami amati di http://www.tradingeconomics.com memperkirakan bahwa inflasi bulanan (MoM) bakal sedikit naik menjadi 0,39 persen, masih tetap tinggi, dan inflasi tahunan bakal meningkat menjadi 7,0 persen. Sentimen negatif bakal muncul jika angka inflasi ternyata lebih tinggi dari perkiraan konsensus.

Disisi lain, hari ini juga hari kejepit nasional (harpitnas) karena besok adalah libur perayaan hari Waisak. Ini membuat perdagangan bakal relatif sepi karena pelaku pasar sepertinya masih akan enggan untuk mengambil resiko.

Selain itu, kondisi indeks dari bursa di kawasan Asia pagi ini cenderung bergerak turun, sebagai akibat dari sentiment negatif koreksi 115,44 poin (-0,64 persen) yang terjadi pada indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam. Indeks Hang Seng pagi ini running dengan koreksi sebesar 0,54 persen.

Dengan sentiment yang cenderung negatif, IHSG hari ini diperkirakan bakal melanjutkan trend turun yang sudah berlangsung semenjak pertengahan minggu kemarin. IHSG pada hari ini diperkirakan bakal bergerak flat-turun dengan kisaran utama diantara suport pertama di 5.210 dan resisten di 5.252. Jika suport di 5.210 gagal bertahan, level 5.180 akan menjadi suport yang kedua.

Bulan Ramadhan dalam beberapa tahun terakhir, itu identik dengan sepinya transaksi. Minimnya volume perdagangan ini yang membuat pemodal asing kemudian memutuskan untuk melakukan posisi jual sebelum bulan Ramadhan, karena khawatir bahwa mereka tidak bisa melakukan posisi jual dengan harga yang bagus ketika bulan Ramadhan nanti. Untuk tahun 2015 ini, kondisinya sedikit diperparah dengan kondisi ekonomi yang belum juga membaik, serta kondisi dari bursa regional yang sedang berada dalam trend turun sebagai akibat dari berbagai issue. Pemodal kami sarankan tetap dalam posisi defensif dalam melakukan akumulasi atas posisi jangka menengah. Positioning untuk posisi jangka pendek, sebaiknya hanya dilakukan dalam mode trading.

Puasa dan Lebaran adalah event yang identik dengan peningkatan konsumsi. Disisi lain, data ekonomi yang ditunggu adalah angka pertumbuhan ekonomi kuartal kedua yang baru akan dipublikasikan pada pertengahan bulan depan. Pemodal sebaiknya hanya fokus pada saham-saham sektor consumer, retail, dan telekomunikasi untuk posisi jangka pendek. Sedangkan posisi jangka menengah, pemodal sebaiknya hanya dilakukan pada saham-saham sektor perbankan dan konstruksi.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Comments
3 Responses to “Harpitnas…*”
  1. fs says:

    itu 5210 sdh jebol, yg ditunggu sdh datang, sdh borong pak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: