Khawatir BI Rate Bakal Naik, Pemodal Asing Tingkatkan Aksi Jual …


Lunch Break dari PT. Universal Broker Indonesia, 3 Juni 2015

Selamat siang…

Buruknya inflasi bulan Mei kemarin, sepertinya memancing spekulasi bahwa Bank Indonesia (BI) akan menaikkan BI Rate. Spekulasi ini membuat pemodal asing meningkatkan aksi jual yang mereka lakukan. Hingga siang hari ini, pemodal asing di pasar reguler sudah melakukan aksi jual hingga sebesar Rp 237,44 miliar. Posisi net sell dari pemodal asing hingga siang hari ini, sudah lebih besar dari posisi net sell pemodal asing yang dilakukan pada dua sesi kemarin, yang besarnya hanya mencapai Rp 205,20 miliar.

Peningkatan aksi jual dari pemodal asing ini membuat IHSG hingga siang hari ini terkoreksi sebesar 70,24 poin (-1,35 persen). IHSG mengakhiri pergerakan sesi pertama ini pada level 5.143,58, dibawah suport pertama IHSG di 5.180. Suport berikutnya dari IHSG ada di kisaran 5.115 – 5.140.

Meskipun demikian, tekanan sepertinya hanya terlihat pada saham-saham yang terkait dengan suku bunga, seperti perbankan, otomotif, dan property. Saham-saham berbasis komoditas malah terlihat bergerak naik, seiring dengan rebound yang terjadi pada harga komoditas tadi malam. Ditengah koreksi sebesar 1,2 persen yang terjadi pada harga CPO dan penurunan 0,69 persen pada harga minyak Nymex pada siang hari ini, saham-saham seperti AALI, LSIP, UNTR, ITMG, dan PTBA malah bergerak naik. Pemodal sebaiknya merespon pergerakan tersebut dengan cermat dengan hanya melakukan posisi trading atas saham-saham tersebut. AALI memiliki resisten pada level 25950 – 26.300, sedangkan UNTR memiliki resisten di kisran 21900 – 22.350.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: