15.45 (Pinokio Bar)*


Selamat sore…

Pernah dengar candlestick yang namanya Pinokio Bar?  Saya itu paling hati-hati kalau ada usaha penembusan resisten yang gagal.. dengan ekor yang terlalu panjang seperti yang ditunjukkan oleh DJI tadi malam.

150604 Pinokio Bar DJI

Memang sih.. lokasinya beda dengan yang di link saya tadi share.  Tapi.. karena pada prinsipnya itu adalah resisten yang gagal ditembus … maka saya bener-bener ekstra hati-hati.

IHSG sendiri.. sebenarnya sedang di posisi suport.  Dengan IHSG yang sedang di posisi suport begini… orang juga cenderung mencoba untuk bottom fishing pada saham-saham big caps yang kemarin turun.  Itu yang membuat IHSG kuat.  Setidaknya.. sampai sore begini.. tidak jauh dari kisaran suport 5115 – 5120.. dan masih diatas level psikologis 5.100.  Suport 5115-5120 ini adalah suport penting bagi saya… karena kalau suport ini gagal bertahan… suport berikutnya dari IHSG ada di 4975.  Jauh…

HSI sendiri.. sore ini terlihat galau.  Turun… tapi dengan posisi penutupan diatas suport 27.500… signalnya masih cenderung netral.  Dow Futs yang malah turun serem lebih dari 100 poin.

So. kalau anda bertanya.. apakah saya beli?  Nggak juga.  Saya pagi tadi malah iseng ayun posisi… tapi karena harga gak turun.. saya malah jadi males untuk baibek.  Saya hanya bisa menunggu.   Paling tidak.. kalau besok IHSG ditutup diatas 5.143… berarti IHSG bakal bullish.  Tapi.. kalau IHSG sore ini gagal ditutup diatas 5100.. itu berarti wajar kalau IHSG testing suport berikutnya di 4975 – 5000.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

