IHSG 6100 – 6350 (sepertinya) batal tahun ini…*


Selamat pagi…

Pada saat saya mulai menulis tulisan ini… Market juga belum genap buka 30 menit.  IHSG sudah tembus suport pertama di 4975.  Net sell asing sudah berlangsung 123 miliar.  IHSG tinggal 37 poin lagi diatas suport 4.900.

Melihat kondisi dimana net sell asing bisa mencapai Rp 1 tr seperti ini.. rasa-rasanya.. suport di 4900 sepertinya bakal gagal untuk bertahan.  Memang sih.. perlawanan dari pemodal lokal terlihat mulai muncul.  Meski Menteri BUMN dan Menko Ekuin masih belum bersuara … tapi beberapa pembeli lokal terlihat berjaga pada posisi di saham big caps.  Tapi tetap saja.. 30 poin itu terlalu sempit untuk dipertahankan.  Peluang IHSG new low dibawah 4900 sedemikian besar.

So… Sepertinya… kita harus melupakan IHSG 6000 di tahun ini.

Target IHSG 2015 di 6100 – 6300 sepertinya bakal batal!

Nanti saya update deh.. target IHSG selanjutnya kemana.  Sejauh ini.. saya pake skenario alternative wave 2 dengan target di kisaran 4500-4600 seperti yang pernah saya jelaskan pada tulisan saya sebelumnya.  Untuk titik tertingginya… kalau ternyata 5.523,29  kemarin adalah high dari IHSG tahun ini.. saya sih tidak heran.  Semoga saja tidak deh….

So… Posisi saya terakhir… hanya BBRI 10 lot modal 11.xxx.  Itu hanya sekedar reminder bagi saya untuk tetap berada di market.  Untuk belanja.. saya sih sepertinya mau nunggu IHSG ketemu suport.  Dimana… kalau 4900 ini ternyata gagal bertahan.. ya sudah… saya mau nunggu sampai IHSG di 4600-4700 baru mau belanja.

Harga naik turun itu biasa.  Untung rugi itu biasa.  Bullish bearish itu biasa.  Masalahnya tinggal: bagaimana kita menjalaninya.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

