Ketika Setan-setan Gentayangan…*


Selamat pagi…

Nggak heran sebenarnya… ketika salah satu teman kemarin menebar rumor kalau TV OON sempat membuat pemberitaan bahwa kurs Rupiah terhadap US$ sempat mencapai Rp 13800.  Terlepas rumor itu benar atau tidak… terlepas apakah yang memiliki niat buruk itu teman saya ataukah TV OON …   Semenjak Pemilu kemarin usai… Indonesia memang masih terpecah… masih belum bersatu.  Kebebasan berpendapat versi kebablasan (sering disebut orang sebagai liberalisme) memang masih terus berlangsung.  Barisan Gagal Move-On masih terus menebar kebencian dimana saja.  Twitter… Facebook… dan social media lainnya.

Apakah anda takut? Apakah itu semua membuat hati anda galau tidak menentu?

Hehehe…

Takut tidak menentu dan hati galau disini biasanya terjadi karena anda punya posisi salah.  Posisi nyangkut.

Kalau anda seorang trader … dan benar-benar seorang trader (maksudnya disini adalah orang yang berhasil melakukan ‘beli ketika mau naik’ dan ‘jual ketika mau turun’)… berarti anda tidak berada dalam masalah.  Koreksi itu adalah sebuah hal yang wajar dalam pasar modal.  Arah dari pergerakan harga itu memang ada tiga: naik, turun, atau flat/mendatar.  Anda harus bisa menerima itu dengan dewasa.  Kalau anda takut atau khawatir: eh… bisa jadi.. itu memang karena anda belum ‘trading’ dengan benar.

Swiss-Belhotel

So… Seperti saya bilang di awal bulan kemarin: Ini Wave 2 BUNG! Wave 2 itu… memang beritanya jelek-jelek.  Sudah begitu… setan-setan .. pasti pada gentayangan.  Setan-setan ini adalah orang-orang atau pihak-pihak yang berusaha memperburuk keadaan dengan terus menebarkan berita-berita yang membuat ketakutan anda akan semakin menjadi.

Nggak cuman manusia atau pihak sebenarnya…  Indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam juga terus bergerak turun, menembus suport dari trend channel… sehingga memiliki potensi koreksi hingga kisaran 17.400 – 17.600.  Itu.. kalau suport di 17.750 gagal bertahan. Bagus kan?  Hehehe.

150609 DJI Trend CHannel

Saya sih… masih pake target dari skenario Wave 2 di 4975.  Akan tetapi.. kondisi dari indeks regional yang buruk… memang membuat saya ekstra waspada.  Saya hanya mau belanja kalau harga sudah di suport level… atau setidaknya.. pada bursa di kawasan regional tidak terlihat adanya signal negatif.. atau malah kalau bisa: sudah keluar signal positifnya.

Kalau enggak.. ya sudah.. nunggu saja.  Nunggu itu gak bayar loh.  Yang bayar itu… kalau kita nunggu market bearish… sambil punya posisi… posisi margin lagi!! Hehehe.  Pasti sakit semua itu.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: