Asingnya Malah Jadi Galak…*


Selamat pagi…

Indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam naik tajam 1,3 persen.  Closing di 18000.  Seperti saya bilang tadi pagi: kenaikan itu mengakhiri trend turun jangka pendek… tapi trend jangka menengah masih turun.

Problemnya: Sentimen positif dari kenaikan indeks DJI itu.. ternyata membuat pemodal asing semakin galak, semakin gencar, dalam melakukan posisi jual.  Tadi.. ketika market sudah berjalan 30 menit… Net sell asing saja sudah mencapai Rp 150 miliar.  Ini market 50 menit.. net sell asing sudah melewati Rp 200 miliar.  Sampai sore nanti.. net sell asing diperkirakan bakal sebesar Rp 600M – Rp 800M lagi.  Asingnya malah jadi galak.

Asing menggonggong kafilah berlalu? Hehehe.  Kalau cuman Rp 600M … biasanya pemodal lokal masih bisa menahan.  Tapi kalau Rp 800M… sepertinya masih agak kebesaran.  Tapi sepertinya… net sell dari asing hari ini.. tidak bakal cukup kuat untuk membawa IHSG turun dibawah 4850.  Itu setidaknya yang masih saya pegang.

So… apa yang sebaiknya kita lakukan?  Saya sih… hari ini… pingin mencoba bottom fishing.  Kalau ternyata nanti sore arah dari bursa regional benar-benar berbelok… berubah arah menjadi naik… saya pingin punya posisi juga.  Tapi saya tetap gak mau agresif, karena kalau ternyata regional signalnya jelek… gagal tembus resisten… ya sudah.  Memang kita baiknya tetap wait and see dulu.  Meski… pergerakan IHSG beberapa hari terakhir.. sepertinya membuat saya ‘mewacanakan’ untuk menggunakan level 4900 sebagai suport… atau setidaknya… retracement 50% di 4800-4825 sebagai suport kuat untuk pendek.  Bukan skenario ‘tembus 4900 langsung 4500-4600’ seperti kemarin.

Resisten pertama Hang Seng di 26.900.  Hanya penutupan Hang Seng diatas itu yang akan membuat saya melakukan posisi ‘beli simpan’.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: