Masya Alloh… Berita Ini benar-benar kebangetan!!!


Selamat pagi…

IHSG sedang berada dalam wave 2.  Wave 2 itu… beritanya jelek… bahkan sangat jelek sehingga dunia seakan mau runtuh.. tapi… harga tidak membuat level terendah baru.

Itu sebabnya.. saya sudah siap dengan berita-berita jelek… sejelek apapun saya juga siap.  Seperti contohnya: ketika hari Jumat kemarin muncul berita bahwa volume penjualan semen untuk bulan Mei 2015 masih jelek.  Saya cuman bilang: ya sudah… mau gimana lagi.  Kalau harga saham semen kemudian tembus suport level… berarti kita belum bisa punya posisi pada saham semen.

Seperti nggak cuman itu deh.  Karena hari-hari ini banyak banget berita dodol… saya jadi ikutan siap juga akan berita dodol.  Berita dodol ini adalah berita dimana Pemerintah menghancurkan sendiri mood masyarakat… dengan membuat pernyataan-pernyataan lugu atau naif… yang kemungkinan bakal membuat pasar bereaksi negatif.  Niat dari pernyataan ini sebenarnya baik.  Tapi… karena pasar melihat itu bakal membuat laba emiten turun… maka biasanya pasar akan bereaksi negatif.  Seperti contohnya: pernyataan Pak JK untuk minta bunga KUR diturunkan.  Yah.. meski kita lihat niatnya baik, agar UKM bisa mengenyam suku bunga yang lebih murah… tapi kita juga sudah melihat … bagaimana harga saham-saham bank BUMN berjatuhan pada minggu lalu.  Dan yang terakhir hari Jumat kemarin: pernyataan Jokowi bahwa tarif jalan tol akan didiskon selama Lebaran.  Ini jelas akan memberikan sentimen negatif pada JSMR.  Mana gak main-main lagi… pernyataan Jokowi ini langsung disambut positif dengan peraturan Menteri.  Hehehe… semoga anda yang punya JSMR (terutama yang punya sebagai posisi investasi) bisa diberi ketabahan .. kesabaran .. dan tawakal oleh Alloh SWT.  Aamiin.

Kalau cuman sama yang seperti itu… saya masih bisa move on.  Bisa ‘lewat’ gitu aja deh… tidak terpengaruh … tanpa bikin hati pusing.

Akan tetapi.. tidak semua berita bisa ‘lewat’ seperti itu.  Terkadang… ada saja berita yang terlalu dodol … yang kemudian membuat hati marah.. muntab (Indonesia: mata gelap) .. dan membuat saya bereaksi.

Contohnya adalah: berita yang berjudul Siapa Soros Versi Indonesia yang Gempur Rupiah? yang ada di website Berita Satu.

Ini berita edan!  Benar-benar kebablasan!!!

Yang muncul di kepala saya adalah: kalau ini dibaca oleh orang awam… maka kesan pertamanya adalah:

  • Ada orang … bisa orang Indo atau orang luar
  • Orang ini memiliki kemampuan seperti George Soros … bisa juga dibaca: ini George Soros sekalian biar lebih keren
  • Orang ini sedang mengambil posisi sebesar 10 miliar US$ terhadap Rupiah (Buy US$ Sell Rupiah) …
  • Posisi ini bisa membawa Rupiah ke 13.800 … Plus ditambah bumbu bahwa IDR bisa ke 15.000… bla-bla-bla.

Kesan pertama saya: Ini gila.  Wartawannya sakit jiwa.  Masa semua didorong jelek seperti itu?

Gile aja… saya sampai ngomel-ngomel pada semua teman-teman dari Investor Daily, Berita Satu, dan satu grup lainnya.. yang ada di Facebook saya.  Apa maunya grup Lippo ini?  Apakah mereka sudah berbalik mau menikam Jokowi dari belakang (setelah semua dukungan yang mereka lakukan selama ini) ???

Berita ini sebenarnya adalah berita ringan.  Intinya adalah:

  • Ini adalah sebuah pernyataan dari Christianto Wibisono… direktur dari Pusat Data Bisnis Indonesia. Menurut Wikipedia… Beliau ini adalah orang Indonesia yang tersakiti oleh kerusuhan 1998 dan memutuskan untuk menetap di luar negeri.
  • Menurut beliau: ada orang mengambil posisi CFD.  CFD ini adalah contract for difference dimana intinya adalah perjanjian antara dua pihak yang (belum tentu) dilakukan di pasar terbuka.  Kemungkinan besar bukan market.
  • Menurut beliau: posisi CFD ini sebesar US$10 miliar dengan jaminan sebesar US$250 juta.  Ini posisi standar 1:40.  Artinya: Posisi 10 miliar, dijamin dengan uang sebesar 250 juta.  Artinya: kalau Rupiah menguat 2,5 persen saja (Rupiah menguat ke 13.000 pas aja deh biar gampang gambarannya) … maka duit orang ini hilang.

Hanya saja.. berita ini kemudian diberi bungkus macem-macem oleh wartawannya.

  • Pake kata George Soros lah…
  • Pake BIN lah…
  • Pake Panglima TNI Moeldoko lah…
  • Pake KPK lah…
  • Pake pinjem nama Fadjroel Rahman lah…
  • Pake komentar Poltak Hotradero lah…
  • Pake kata Jokowinomics lah…
  • Pakai ramalan pasukan cybercrime lah…
  • Pakai neo liberal, SGS, Cukai, dan masih banyak lagi yang lain.

Intinya: seram sekaleeee!!!!

Padahal… hehehe..

  • Ini berita… sebenarnya (bisa jadi) hanya untuk public relation bagi Christianto Wibisono untuk bisa come back.  Maklum.. kelamaan di luar negeri.. bisa saja duit dia gak gitu-gitu amat.
  • Dia mau come back karena iklim Indonesia saat ini.. lebih ramah untuk minoritas…
  • Dan … terutama… iklim Indonesia memang sedang bagus untuk para haters bikin pernyataan seenaknya.  Sehingga dia membuat pernyataan seenak perutnya.
  • Terkait dengan posisi CFDnya.. itu juga gak terlalu bahaya karena yang bukan dilakukan di open market.   Posisi CFD ini… kalau Bank Indonesia iseng aja.. Rupiah dibikin dibawah 13000 barang 1-2 detik hari ini… orang yang punya posisi ini juga sudah bakal kehilangan US$ 250 juta.

Jadi..

… seharusnya bukan masalah. Ini semua keciil… No big deal.   

Berita ini sebenarnya kelasnya cuman seperti berita ekonom Singapore yang bilang BI perlu stress test pake asumsi Rupiah 25.000 yang keluar kapan hari itu.  Berita sampah … hanya bikin ribet .. hanya bikin orang takut.  Tapi sebenarnya: Rubbish! Sampah.

Tapi…  berita sudah keluar.  Pasar akan bereaksi apa.. kita lihat saja bersama.

Harapan saya sih… pasar memang tidak terpengaruh.

Cuman ya gitu… hari ini.. pasar sedang penuh sentimen negatif.  Semoga saja memang tidak berpengaruh.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: