15.45*


Selamat sore…

Ditengah indeks dari bursa di kawasan regional Asia yang turun diatas 2 persen (Hang Seng turun 2,61 persen, Nikkei turun 2,88 persen, Strait Times turun 1,2 persen) koreksi 0,95 persen yang terjadi pada IHSG terasa seperti IHSG sedang naik.  IHSG bisa kuat karena aksi jual dari pemodal asing memang sudah habis.  Di pasar reguler, pemodal asing sedang dalam posisi net buy sebesar Rp 76,02 miliar, naik dari posisi net buy hari Jumat yang hanya sebesar Rp 59 miliar.  Coba bayangin deh: diluar krisis, semua orang takut sama krisis Yunani, pemodal asing malah berada dalam posisi beli.

So… anda takut? Saya juga takut.  Tapi.. hati saya agak tenang karena posisi posisi saya masih belum banyak.  Posisi nyangkut saya masih minim.  Tapi.. kalau pertanyaan anda adalah: apakah kita harus beli hari ini? Jawaban saya masih tetap sama: krisis seperti ini.. masa sih cuman hanya satu hari? Sepertinya bisa lebih. Minimal sampai Selasa sore deh.. sampai kepastian default.

Posisi  Hang Seng yang turun hampir 700 poin.. memang memancing minat untuk belanja.  Terlebih lagi.. saham perbankan dan grup Astra terlihat sangat kuat.  Tapi saya mau lihat besok pagi saja.  Sore ini saya santai dulu.  Toh IHSG sepertinya juga kemungkinan besar ditutup dibawah suport pertama di 4920.  Saya mau santai dulu sampai trend turunnya lewat.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

