Bersiap Menghadapi Hantaman Krisis Yunani…*


Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 29 Juni 2015

Selamat pagi…

Posisi penutupan Bursa Efek Indonesia pada hari Jumat kemarin sebenarnya sudah cukup bagus. IHSG bergerak naik 22,29 poin dan ditutup tipis dibawah resisten pertama di 4945. Pemodal asing yang semenjak awal Maret berada dalam posisi jual bahkan sudah berada dalam posisi beli meski hanya sebesar Rp 59,89 miliar. Akan tetapi, sentimen negatif dari Krisis Yunani terlihat mengancam posisi dari IHSG yang tengah beruaha untuk keluar dari trend bearishnya.

Sentimen negatif dari Krisis Yunani kembali menebar sentimen negatif setelah ancaman Default (gagal bayar) atas hutang Yunani benar-benar di depan mata, setelah perundingan antara Pemerintah Yunani dan para krediturnya pada hari Sabtu kemarin tidak berhasil mencapai kata sepakat. Yunani berencana melakukan refendum pada tanggal 5 Juli, yang berarti melewati batas pembayaran hutang terhadap IMF yang jatuh tempo pada tanggal 30 Juni. Ancaman default ini, telah menghantam indeks dari bursa di kawasan Asia. Indeks Hang Seng pagi ini dibuka dengan koreksi sebesar 0,39 persen, sedangkan indeks Strait Times sudah bergerak sebesar 1,0 persen.

Sejauh ini, tekanan pada Rupiah tidak terlalu terlihat besar. Dari pantauan kami di Reuters, Rupiah pagi ini hanya melemah 50 poin dengan kurs tengah masih dibawah level psikologis 13.400. Kondisi ini memperlihatkan bahwa guncangan dari Krisis Yunani terlihat tidak terlalu besar pada nilai tukar Rupiah. Meskipun demikian, bagimana pengaruh pada IHSG masih harus kita lihat, karena posisi dana asing jangka panjang yang masih tersisa, dana Jokowi Effect yang masuk ke Bursa Efek Indonesia semenjak akhir 2013, terlihat masih cukup banyak.

IHSG pada hari ini memiliki kisaran utama diantara suport 4920 – 4925. Jika suport pertama di 4920 gagal bertahan, suport di kisaran 4825 – 4850 akan menjadi suport kedua. IHSG memiliki suport ketiga di sekitar level psikologis 4750.

Dalam kondisi seperti ini, pemodal sebaiknya tetap tenang dan rasional. Aksi beli atas posisi jangka menengah, sebaiknya hanya dilakukan ketika IHSG sudah terlihat berada di kisaran suport.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agenpenjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: