Yunani Default, Bursa Asia Masih Perkasa…*


Selamat Pagi dari PT. Universal Broker Indonesia, 1 Juli 2015

Selamat pagi…

Semalam, Menteri Keuangan Yunani Yanis Varoufakis menyatakan bahwa Pemerintah Yunani tidak akan melakukan pembayaran atas hutang IMF yang jatuh tempo pada hari Selasa. Pagi tadi, IMF juga secara resmi menyatakan bahwa tidak ada pembayaran hutang dari Pemerintah Yunani. Kondisi ini adalah sesuatu yang baru karena Yunani menjadi negara maju pertama yang mengalami gagal bayar terhadap IMF, setelah Zimbabwe sebagai negara berkembang terakhir yang gagal melakukan pembayaran kepada IMF pada tahun 2001.

Indeks Dow Jones Industrial (DJI) tadi pagi masih ditutup dengan pergerakan naik sebesar 23,16 poin (+0,13 persen) pada level 17.619,51 sebagai harapan bahwa Krisis Yunani ini, akan mencapai solusi pada saat-saat terakhir. Di sisi lain, setelah IMF melakukan konfirmasi bahwa Yunani gagal bayar tadi pagi, indeks dari bursa di kawasan Asia pagi ini masih bereaksi secara berhati-hati, dengan indeks Strait Times pagi ini terkoreksi tipis 0,06 persen. Kondisi ini menunjukkan bahwa pelaku pasar sepertinya masih akan tetap berhati-hati, hingga sore nanti perdagangan di bursa kawasan Eropa mengalami pembukaan perdagangan.

Pada pergerakan kemarin, IHSG memberikan signal positif setelah berhasil ditutup diatas resisten pertama di level psikologis 4900. Dengan adanya kegagalan bayar dari Krisis Yunani, IHSG pada hari ini diperkirakan akan bergerak bervariasi pada kisaran 4870 – 4950. Pada pergerakan pagi, IHSG diperkirakan akan bergerak naik sejalan dengan respon dari bursa di kawasan Asia terhadap perkembangan Krisis Yunani. Arah dari pergerakan IHSG sebenarnya, baru terlihat pada pergerakan pasar di sore hari.

Pada perdagangan kemarin, saham-saham sektor konsumer terlihat menjadi penopang IHSG, ditengah tekanan jual ringan pada saham-saham sektor perbankan dan konstruksi. Pada perdagangan hari ini, pemodal sepertinya masih akan fokus pada saham-saham sektor konsumer, retail, telekomunikasi, dan jalan tol yang diperkirakan bakal mendapat sentiment postif selama Hari Raya Lebaran.

DISCLAIMER: Informasi yang terkandung dalam laporan ini telah disusun dari sumber-sumber yang menurut kami dapat diandalkan. PT Universal Broker Indonesia dan/atau perusahaan afiliasinya dan/atau masing-masing karyawan dan/atau agen penjual tidak menjamin keakurasian dan kelengkapan informasi. Kami tidak bertanggung jawab atas hasil dari transaksi yang dilakukan dengan berdasarkan atas informasi yang ada pada laporan ini. Semua pendapat, prediksi, perkiraan, dan proyeksi yang ada pada laporan ini adalah merupakan pendapat terbaik yang kami buat, berdasarkan informasi yang kami miliki, pada tanggal laporan ini dibuat, dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu dan tidak mengikat.

Comments
One Response to “Yunani Default, Bursa Asia Masih Perkasa…*”
  1. sb yudhongono says:

    Kalo menurut saya dampak krisis Yunani sangat keciiil… karena Yunani jauuuh dari Indonesia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: