15.45*


Selamat sore…

Posisi dari nilai tukar Euro terhadap US$ sebenarnya juga sudah rebound dibandingkan dengan posis tadi pagi.  Koreksi yang sedang berlangsung di bursa kawasan Eropa juga terlihat wajar.. hanya sekitar 1,5 persen.  Akan tetapi… kalau melihat koreksi yang terjadi pada bursa di kawasan Asia, kok tetap saja seram.

Kurs Rupiah juga terlihat masih bisa bertahan di kisaran 13.300 – 13.400.  Bank Indonesia terlihat berhasil menjaga Rupiah sehingga kepanikan tidak terlalu terlihat di Bursa Efek Indonesia.  Ini bisa dilihat dari posisi dari pemodal asing yang hingga sore hari ini.. terlihat hanya berkutat antara net sell tipis dan net buy tipis.

Meskipun demikian, posisi IHSG yang terlalu jauh dibawah suport 4.950 – 4.960 membuat posisi beli menjadi tidak terlalu nyaman.  Sepertinya saya mau melihat pengaruh dari Krisis Yunani ini minimal semalam, untuk melihat kekuatannya seperti apa.

Sejak pagi.. saya sudah mulai mengosongkan posisi.  Beberapa posisi seperti JSMR dan AALI malah terlihat kuat.  Akan tetapi, kalau melihat posisi yang lain terutama di saham-saham perbankan, sepertinya saya pengamanan profit yang saya lakukan .. terlihat masih cukup bagus.

Kuatnya market di hari ini… sepertinya memberikan signal bahwa Krisis Yunani ini, pengaruhnya sepertinya tidak akan besar bagi pergerakan IHSGnya.  Sepertinya… kita masih bisa berharap bahwa suport di 4.850 masih akan bertahan.  Akan tetapi… untuk melakukan pengambilan posisi.. rasa-rasanya saya masih males.  Masa sih Krisis Yunani ini pengaruhnya hanya sehari?

So…. sore ini saya masih akan full cash.  Kecuali kalau beberapa antrian bawah saya kena.. berarti saya tidak full cash.  Tapi.. apa iya bisa kena? Antriannya bener-bener jauh dibawah.  Sulit untuk bisa kena.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

