#IHSG masih Ngelawan!!!*


Selamat pagi…

Sejauh ini.. hingga jam 9.15… pelaku pasar di Bursa Efek Indonesia masih terlihat melakukan ‘perlawanan’ terhadap apa yang terjadi pada bursa di kawsan regional Asia.

Dalam market yang masih tetap sepi, IHSG terlihat masih mampu bertahan diatas suport 4950 meskipun tadi pagi sudah sempat mencetak titik terendah di level 4.934.91.  Kuatnya IHSG bertahan ini disebabnkan oleh pelaku pasar lokal yang terlihat disiplin dalam menjaga posisinya… disamping juga karena minimnya aksi jual yang dilakukan oleh pemodal asing.  Keberhasilan dari Bank Indonesia untuk mempertahankan kurs Rupiah terhadap US$ di sekitar level 13.300-13.350 juga patut mendapatkan pujian.  Pelaku pasar terlihat cukup comfortable.

Dengan market yang terlihat cukup kuat seperti ini… langkah ‘pengamanan profit’ yang saya lakukan terlihat berlangsung dengan sukses.  Posisi yang sudah untung, tidak lantas berubah menjadi rugi.  Maklum saja… dengan posisi masih 70%-80% tadi pagi… Krisis Yunani ini terpaksa saya berpikir mengenai alternatif ‘plan-B’ dari skenario inverted H&S yang masih saya pegang saat ini.  Sejauh ini… kalau IHSG gagal bertahan diatas suport pertama di 4950-4960… potensi koreksi IHSG masih terbatas hingga kisaran suport 4.850 – 4.910.  Dalam kondisi terjeleknya saya hanya bisa bilang begini: Selama suport IHSG di 4.826 masih bertahan, saya tetap bullish pada IHSG dan memberlakukan koreksi sebagai tempat terbaik untuk melakukan posisi akumulasi beli.

Kondisi pasar ketika pagi ini, terlihat masih aman terkendali.  Akan tetapi… saya masih penasaran akan kemungkinan hantaman nanti sore setelah jam 14.30, ketika bursa di kawasan Eropa mulai melakukan perdagangan.

Oh iya… tidak seperti Tim Ekonomi kita yang lemot, Pemerintah China langsung membuat statment bahwa mereka akan melakukan langkah-langkah untuk mencegah kejatuhan harga saham lebih lanjut.  Itu yang membuat indeks Hang Seng sempat naik 200+ poin lebih tadi pagi, meski posisi saat ini sudah kembali minus 400+ poin.

IHSG masih bertahan karena minimnya aksi jual asing, penjagaan ketat dari ‘You Know Who’ dan Rupiah yang masih kuat.

Kita lihat sampai nanti sore deh.. marketnya seperti apa.  Tapi pagi ini.. saya berusaha untuk ‘play safe’.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: