Terjangan Badai Yunani…*


Selamat pagi…

Andai kalau kondisinya seperti Pilpres di Indonesia kemarin: hasil pemilunya hanya selisih tipis… sehingga kemenangan pemilu di tingkat quick count masih bisa didebat atau bahkan dipalsukan, tingkat KPU masih bisa dinaikkan lagi ke Mahkamah Konstitusi, dan setelah jelas siapa yang menangpun… pemilih dari kubu yang kalah masih diperbolehkan untuk gagal move-on.  Sehingga hasil dari Pilpres tetap bisa dianggap tidak jelas oleh sebagian pihak dan yang ada hanya sebuah bangsa yang terpecah belah.

Problemnya: Hal itu tidak bisa terjadi ketika masyarakatnya sudah jauh lebih dewasa dan bermartabat.  Hal itu juga tidak bisa terjadi ketika selisih terjadi sedemikian banyak.  Dari hasil Quick Count resmi yang pertama kali keluar, dari 82% suara yang masuk, 61% rakyat Yunani terlihat mendukung pernyataan “tidak” atas syarat-syarat yang diajukan oleh kreditor dari Yunani.  Sebuah hasil yang jauh dari perkiraan mengingat pooling tertutup yang diadakan sebelumnya, menyatakan bahwa selisih masih terlihat tipis atau bahkan yang mendukung pernyataan “ya” terlihat unggul tipis.  Akan tetapi… demikianlah kenyataannya.  Rakyat Yunani mendukung penolakan terhadap syarat-syarat yang diajukan oleh kreditor Eropa.

Apa yang terjadi kedepan, masih merupakan sebuah tanda tanya besar.  Perdana Menteri Yunani kemarin memang memberikan pernyataan bahwa meski pendukung pernyataan “tidak” yang menang, mereka masih akan tetap berada dalam Zona Euro (menggunakan mata uang Euro).  Akan tetapi, semua sepertinya baru akan diputuskan oleh Pemimpin dari Zona Euro yang akan diselenggarakan pada hari Selasa.  Tapi … kondisi terakhir dari pasar finansial menyebutkan.. bahwa mata uang Euro langsung terkoreksi sebesar 1,2 dibandingkan US$ dan bahkan 2% jika dibandingkan dengan Yen.

Bagaiman Pengaruhnya terhadap Pasar Asia?

Yang jelas… jika dilihat dari pergerakan mata uang Euro tadi… sentimennya sejauh ini memang terlihat negatif.  Akan tetapi… seberapa besar negatif.. itu hanya bisa diketahui ketika bursa di kawasan Asia nanti mulai buka pada jam 7.00 WIB.  Kita lihat reaksi pasar dari bursa di kawasan Asia, terutama pada market Jepang, Korea, dan Singapore.  Market Hongkong memang sedang bermasalah dengan China sehingga sepertinya kurang bisa dijadikan patokan.

Bagaimana Pengaruhnya terhadap Pergerakan IHSG?

Sama dengan Asia lah: kita lihat nanti ketika market buka… kita lihat bagimana sentimen dari Bursa di kawasan Asia sendiri.  Yang jelas: hubungan ekonomi Indonesia dengan Yunani boleh dikatakan sangat kecil sehingga pengaruh langsungnya boleh dikatakan tidak ada.  Akan tetapi… kalau pasar finansial global terpengaruh… pergerakan IHSG juga pasti akan terpengaruh juga.

Idealnya sih.. sebelum jam 9.00, Menteri BUMN atau Menko Ekuin atau Gubernur Bank Indonesia, atau bahkan Wapres JK sudah memberikan konferensi pers untuk menenangkan pasar.

Cuman ya gitu: Emang yang beginian penting buat mereka? Emang mereka ngerti apa yang terjadi? hehehe.

Rekan-rekan wartawan.. disitu tugas besar Anda menanti: membuat Pemerintah memberikan pernyataan yang bisa menenangkan pasar… setidaknya sebelum market buka jam 9.00 !!!

Kalau dilihat dari likuiditas pasar di hari Jumat.. pemodal asing sebenarnya malah dalam posisi beli.  BPJS dan fund manager lokal lainnya juga terlihat sudah kembali masuk di pasar.  Akan tetapi… apakah mereka mampu menahan pasar sehingga bisa ‘melawan’ grafitasi dari Terjangan Badai Yunani? Itu yang perlu kita lihat.

Jadi? Kesimpulannya???

So… kalau saya… hari ini saya pake suport di 4950 – 4960.  Kalau suport itu gagal bertahan, berarti trend jangka pendek IHSG bergerak berubah menjadi turun… berarti… (anda terjemahkan sendiri deh).

Bung Purbaya… hari ini saya akan sangat bangga atau sangat kecewa terhadap anda.  Semoga anda bisa membuat kami semua bangga!!!

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: