Positioning Saat Konsolidasi: Bullish atau Bearish? Krisis Yunani atau Pertumbuhan Ekonomi Indonesia?*


Selamat pagi…

IHSG (dan juga indeks Dow Jones Industrial) sudah sebulan lebih berada dalam periode konsolidasi.  Untuk IHSG terasa sedikit menyesakkan karena konsolidasi berlangsung pada kisaran yang cukup sempit, 4850 – 4980.  Hanya 100 poin lebih sedikit.

Kapan konsolidasi ini berakhir? Ya… nanti kalau tembus.. kan sudah berarti konsolidasi berakhir.  Akan tetapi… sejauh ini… semua kans nya masih 50:50 … belum terlihat arah penembusannya ke mana.

Dalam konsolidasi seperti ini… ada dua pilihan yang bisa dilakukan:

  • Menunggu penembusan dari market.  Langkah ini sering kali ditempuh oleh trader dan analis yang berhati-hati atau malah terlalu berhati-hati.  Mereka akan menunggu sampai harga bergerak menembus, keluar dari kisaran konsolidasi, baru mengucapkan prediksinya kemana.  Jadi… selama periode konsolidasi ini.. mereka mengambil posisi plin-plan atau malah tidak ada posisi.  Posisi ini terasa lebih aman karena arahnya lebih jelas … tapi jelas: keuntungannya lebih sedikit.  Mereka juga harus tergopoh-gopoh mengambil posisi ketika penembusan.  Belum lagi kalau kena false break.
  • Menebak kemana arah market tembus dan mengambil posisi/pendapat berdasarkan  prediksi piliahnya tersebut.  Dalam strategi ini, bagi analis sudut pandangnya adalah: No Guts… No Glory!  Tidak ada nyali.. berarti tidak akan terkenal.  Bagi seorang trader.. .ini berarti dia ‘menyongsong resiko’ … tapi tentu saja… dengan menghadapi potensi keuntungan atau kerugian yang lebih besar.

Mana yang saya pilih? Hehehe… saya jelas memilih cara yang kedua.  Kalau saya ragu.. minimal saya mengurangi posisi.  Tapi setidaknya.. saya tetap harus punya posisi.

Terkait dengan kondisi saat ini…. di bulan Juli 2015 ini … pilihannya adalah sebagai berikut:

Kalau bearish… jelas lebih mudah.  Anda tinggal menggunakan cerita Krisis Yunani.  Atau menggunakan chart bursa Shanghai yang katanya mau jatuh seperti crash Dow Jones Industrial di tahun 1930-an.  Untuk grafik IHSG…. anda bisa menggunakan gambar Head and Shoulder dengan target 4500-4600.

Kalau bullish…. itu lebih sulit.  Karena untuk saat ini… harapan bullish hanya ada pada pengumuman data ekonomi nanti tanggal 15 Juli 2015… dimana angka pertumbuhan ekonomi Indonesia diperkirakan oleh Menkeu dan Gubernur BI bakal kembali ke atas level 4.9% (atau bahkan sudah diatas 5% lagi… hehehe). Gambar teknikalnya? Hm.. pake gambar trend channel deh.  Disitu akan terlihat (baik pada IHSG maupun pada DJI) keduanya sedang berada di suport… dan market akan really setelah itu.

Gambarnya dimana pak??? Bentar ye… ini saya mau cepet.  Gambarnya saya utang dulu.

Dalam hidup.. kita selalu harus menentukan pilihan… dan saya… masih memilih BULLISH untuk posisi saat ini…. meski … hehehe… sumbu saya agak pendek: kalau IHSG turun dibawah 4.825 … berarti saya bakal menyeberang ke kubu bearish.  Itu sebabnya kemarin saya masih berani ambil posisi sampai 25% – 30% dan hari ini saya masih berencana untuk nambah.

Bagaimana dengan anda?

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

