Dugem…*


Selamat pagi…

Kemarin sore… sebenarnya saya sedikit kaget.  Niat saya memang kepingin nambah posisi pada closing session.  Akan tetapi… karena sebagian besar dari bid saya kemudian dikasi… saya jadi agak dugem (duduk gemetaran) juga menghadapi pergerakan DJI tadi malam.  Maklum… minggu lalu kan saya dikerjain sama Tspiras/Referendum Yunani.  Sehingga… ketika bid saya dapet… saya agak tegang juga.  Dugem… duduk gemetaran.  Tapi setelah dipikir-pikir: iya … lupa saya ya? kemarin itu kan hari terakhir dimana orang yang melakukan aksi jual… akan menerima dana sebelum libur Lebaran.  Oh… jadi wajar kalau di sore hari kemudian orang melakukan ‘hantam kiri’.  Mungkin mereka memang B.U.  Butuh Uang. Hehehe.

Ternyata…Indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam naik 200 poin lebih.  Signal dari posisi penutupannya terlihat mixed karena masih ‘didalam’ kisaran resisten 17.750 – 17.800.  Tapi setidaknya… DJI naik lumayan banyak… saya jadi bisa dugem … duduk dengan gembira.

Setelah mengawali minggu dengan perjuanan untuk exit market… saya kemudian positioning lagi.. exit lagi.. dan positioning lagi di akhir minggu.  Sebuah proses yang melelahkan.  Tapi… dengan pergerakan dari bursa global yang volatile… ditambah dengan komentar Bank Dunia terhadap perekonomian Indonesia yang kemudian membuat pemodal asing berada dalam posisi jual … saya hanya kepingin untuk play safe… bermain aman.  Hasilnya memang begitu: seperti ingus.  Keluar, masuk, keluar, masuk.

Prediksi IHSG? Selama masih dibawah resisten 4900.. IHSG masih ada target triangle di 4750.  Akan tetapi… dengan kekuatan suport di 4.800-4825…. dan kemampuan IHSG kemarin ditutup diatas R1 pada gap 4.855-4.856.. setidaknya IHSG bakal berada dalam mode resisten testing, yang diharapkan bisa terus berlangsung hingga hari terakhir perdagangan sebelum lebaran.  (maunya begitu… hehehe).  IHSG baru bisa memberikan signal positif untuk jangka menengah jika mampu ditutup diatas resisten di 4.982.

So… saat ini saya sedang dalam posisi banyak karena IHSG sedang berusaha kembali dalam trend naik jangka pendek.  Tapi.. dengan trend jangka menengah yang masih berada dalam trend turun… kalau ternyata sebelum libur lebaran nanti ada penembusan suport pertama pada IHSG… ya berarti saya harus exit posisi lagi.  Semoga saja tidak.

Rekanz… saya sedang berusaha menyelesaikan modul Fibonacci Retracement pada hari ini.  Mohon dibantu dukungan ye…😀

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

