Advertisements

15.45*


Selamat sore…

Lebaran itu… seharusnya membahagian.  Lebaran itu… seharusnya juga tidak mempertakut.  Akan tetapi.. lukisan yang ada pada pergerakan harga saham hingga sore hari ini.. terlihat sebaliknya.  Karena libur Lebaran terlalu panjang, dan berlangsung ditengah kondisi bursa regional yang sedang tidak menentu… sebagian dari pelaku pasar malah kemudian memutuskan untuk hengkang dari Bursa Efek Indonesia.  Ini bisa dilihat dari posisi pemodal asing di pasar reguler hari ini, yang tercatat dalam posisi net sell sebesar Rp 295,69 di pasar reguler… berbalik dari posisi net buy sebesar Rp 22,59 miliar yang terjadi kemarin.

Tekanan jual dari pemodal asing ini… membuat IHSG terkoreksi hingga dibawah suport pertama di 4875.  Padahal.. neraca perdagangan malah surplusnya diatas ekspektasi… sedangkan regional hanya terlihat mixed.  Hang Seng memang turun… tapi karena posisi closingnya masih diatas suport, sepertinya memang tidak ada masalah.

So… Seperti apa kondisi pasar pasca libur Lebaran nanti? Saya juga tidak bisa memastikan karena signal dari bursa regional terlihat masih mixed.  Karena peluang IHSG untuk ditutup dibawah suport terlihat sangatlah besar, tadi pagi saya mengurangi sedikit posisi.  Meski.. hold saya terlihat masih cukup besar… diatas 50%.  Sore ini… saya juga tetap ‘pasang jemuran’… berharap ada sedikit tarikan di akhir perdagangan yang bisa menetralkan signal negatif yang ada.  Tapi tetap sebenarnya: posisi terakhir dari IHSG.. memang tidak menunjukkan rasa aman.  Kita sebaiknya berhati-hati.

Libur Lebaran memang panjang.  Mari kita nikmati saja.   Harapan saya sih.. semua berlangsung aman dan bahagia: tidak ada kejutan koreksi dari bursa regional.. meski.. pada posisi saat ini… indeks regional terlihat sedang berada pada posisi resisten.

Terakhir… saya ingin mengucapkan: Selamat Hari Raya Idul Fitri… Mohon Maaf Lahir dan Batin.

Selama berlibur untuk anda semua…

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

 

Advertisements
Comments
2 Responses to “15.45*”
  1. Febriana Sari says:

    Dear mas satrio,

    Saya ingin menanyakan untuk saham smdr kode kok turun terus ya sampai 2 minggu?ada info insider trade tidak?.tku

    Regards,

    Meika ardhianto

    • Satrio Utomo says:

      Ibu Meika…

      Wah… maaf… respon saya sangat terlambat. SMDR tidak ada berita besar. Di bulan Juli kemarin… Penurunan yang terjadi sepertinya lebih karena ada pelaku pasar dengan size besar yang melepas posisi ke market.

      SMDR likuditasnya memang kurang. Harga minyak yang rendah, seharusnya bisa memperbaiki kinerja dari SMDR. Akan tetapi.. minat dari pasar terhadap saham sektor ini… sepertinya masih kurang.

      Rgds,
      Satrio

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: