Volatilitas Pasca FOMC…*


Selamat pagi…

Koreksi 1,74 persen yang terjadi pada indeks Dow Jones Industrial (DJI) Jumat malam.. seakan memang skak mat.  Koreksi tersebut menunjukkan bahwa langkah The Fed untuk mempertahankan suku bunga memang hanya akan menciptakan ketidakpastian yang baru.  Ketidakpastian yang akan menekan harga saham pada seluruh bursa global, termasuk diantaranya di Bursa Efek Indonesia.

image

Ketika market bisa saja sehari turun sehari naik, koreksi yang terjadi pada Jumat malam, secara teknikal, telah membuka peluang bagi indeks Dow Jones Industrial untuk kembali menguji suport di kisaran 15.000-15.500. DJI berpeluang untuk testing low untuk tahun ini.  Kondisi serupa juga berpeluang untuk terjadi pada IHSG, yang juga membuka peluang untuk menguji suport di 4.111 dalam beberapa hari kedepan.

Pasar sepertinya masih akan ketakutan dengan setan-setan yang bertebaran.  Kondisi ini … juga membuat saya kembali akan ‘bersembunyi’… berada dalam mode defensif lagi.  Posisi saya yang di hari Jumat kemarin hanya tinggal sedikit, sepertinya bisa saya lepas lagi. 

So… Meski saya kembali bearish… saya juga tetap kepingin lepas di harga yang rasional.  Kalau melihat tarikan dan bantingan yang ada di closing session Jumat sore, posisinya seakan jelas: yang ditarik, siap saja untuk dibanting, tapi yang dibanting siap, masih ada harapan untuk ditarik dulu.  Yang saya mau lihat adalah posisi dari Penjaga Market.  Kalau dia sedang jaga.. ya bisa saja koreksi IHSG hari ini tertahan.  Tapi kalau enggak… hehehe… kalau perdagangan hari ini kemudian menjadi ‘Bloody Monday’ … saya juga tidak heran.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*disclaimer ON

trading investasi saham Indonesia pemula mahir pakar pasar modal bursa efek

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: