Advertisements

BPJS Naker Pamer Kekuatan…*


Selamat malam…

Kalau anda bingung market hari ini kenapa..  saya akan bantu agar anda bisa paham.

Market hari ini adalah standar show of force dari BPJS Naker (d/h. Jamsostek) Sang Penguasa Pasar.  Regional ancur… pagi orang cut loss… asing net sell meningkat… tapi sore malah kuat.. IHSG ditutup naik.  Saya bilang show of force karena sebenarnya.. net sell asing sejak awal Agustus kemarin sebenarnya biasa-biasa saja. Average dibawah Rp 600M per hari. Net sell asing segitu itu… IHSG dengan mudah bisa ‘dibikin’ naik.  Tapi karena lebih sering tidak dijaga (Jamsostek juga pinter kalee… mereka juga ngeh kalau sentimen globalnya juga masih jelek.  Mereka juga harus hemat peluru untuk jaga market) maka IHSG bergerak turun mengikuti regional.

Hari ini mereka show of force. Show of force karena Pemerintah punya agenda.. mengumumkan Paket Kebijakan Ekonomi 2. Biar kelihatan respon pasar positif. Untuk memperbaiki sentimen yang jelek gara-gara Rupiah lemes. Peningkatan net sell asing mereka telen. IHSG naik.

Sisi positifnya:  Jamsostek berada di pasar untuk menjaga sentimen… menjaga investasi mereka juga.  Bodoh sebenarnya orang-orang yang terlalu bearish terhadap kondisi market saat ini karena mereka belum paham apa yang bisa dilakukan oleh Sang Panguasa Pasar.

Besok seperti apa… biarkan saja menjadi milik besok.  Tapi sepertinya.. selama DJI naiknya kurang dari 200 poin.. IHSG bakal berat untuk naik. Yang ada malah… kalau pelaku pasar retail pada greed… bisa-bisa malah Sang Penguasa mengendorkan penjagaannya. Kalau sudah begitu.. kalau DJI naik.. yang semangat beli pagi bisa terancam nyangkut.  Asyik bener kalau itu kejadian: orang yang hari ini cut loss karena DJI turun.. lantas baibek karena DJI naik.. tapi malah nyangkut. Skenario yang sangat cantik untuk mempermainkan pemodal pemula.

So…. selama trend dari bursa global masih trend turun… saya tetap akan berada dalam posisi trading.  Ingat loh yaa: sumber dari semua permasalahan adalah langkah The Fed untuk menunda kenaikan suku bunga. Dengan kata lain… selama The Fed belum memastikan kenaikan suku bunga… market masih tetap vulnerable… rapuh.

Sabar lah… Dollar belum 15.000 ini.  Jangan buru-buru bullish lah….

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*disclaimer ON

trading investasi saham Indonesia pemula mahir pakar pasar modal bursa efek

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: