#saham #batubara : ini yang akan saya lakukan jika harganya jatuh minggu ini…*


Selamat pagi…

Minggu depan… adalah minggu terakhir di bulan November ..

Saya melihat ancaman dari sini:

Bukan.. bukan cuman dari harga batubara kontrak November yang turun sebesar US$1.15 per ton.  Tapi lihat itu: jarak harga antara kontrak November dan Desember.. agak terlalu jauh.. US$18.25 per ton. Padahal.. minggu depan.. adalah minggu terakhir perdagangan batubara kontrak November.  Artinya: mulai awal minggu depannya lagi… di tanggal 28 November.. perdagangan batubara kontrak November akan berakhir.. harga batubara

Dalam satu minggu … harga batubara harus ‘menyelesaikan’ perbedaan yang sebesar US$18,25 itu!!!

Pertanyaannya sekarang: penyesuaiannya akan naik? atau turun?

Kalau lihat trend harga batubara yang sedang turun.. kalau melihat kontrak dengan open interest terbesar .. sepertinya sih.. harga batubara Desember yang akan menjadi acuan.  Artinya: dalam seminggu kedepan.. harga batubara bisa mengalami ‘penyesuaian’ yang besarnya lebih dari 17% ini!

Bagaimana pengaruhnya dengan saham batubara? Well… saya belum sempat lihat semuanya.  Akan tetapi.. posisi penutupan harga saham PTBA yang sudah dibawah midpoint dari double top… sepertinya bisa menjadi warning.

Sekarang begini: kalau harga saham batubara bergerak turun.. apakah yang harus kita lakukan? 

Kalau saya sih… saya melihat bahwa meski harga batubara bergerak turun, rata-rata harga batubara kedepan.. atau setidaknya di kuartal keempat tahun ini.. bakal naik cukup tinggi dibandingkan kuartal-kuartal sebelumnya.  Dengan kata lain: kinerja emiten batubara kedepan, bakal lebih bagus dibandingkan sebelumnya. Kinerja saham-saham batubara.. masih tetap akan bagus!

So… karena kinerja saham-saham batubara masih akan tetap bagus.. kedepan… saham-saham batubara tetap akan menjadi pilihan saya.  Cuman ya gitu: saya hanya mau beli kalau harganya bagus.  Kalau level harga sekarang.. nanti dulu lah… setidaknya sampai PTBA kena target double topnya dulu.. baru saya tertarik untuk beli.

Harga saham-saham batubara.. satu-dua minggu kedepan.. bisa saja terkoreksi mengikuti harga batubaranya.  Saya akan tetap beli.. kalau harganya bagus.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Leave a Reply

  • Visit Website of Our Visitors

