Advertisements

15.45*


Selamat sore…

US Dollar diatas 14.400 lagi.  Marketnya gemeteran.  IHSG turun dibwah suport pertama 5.740.  Ini bahkan dibawah suport 5.661.  IHSG new low untuk tahun ini.

Jelek? Asing jualan? Nggak juga.  Net sell asing sebenarnya biasa saja.  Hingga sore hari ini, net sell asing di pasar reguler hanya sebesar Rp 466 miliar.  Net sell asing itu baru besar kalau diatas Rp 600 miliar.  Jadi.. ini lebih karena pemodal lokal yang ketakutan sendiri, terus lepas posisi.

Sentimen pasar juga dihancurkan oleh langkah Pemerintah memasukkan Pertagas ke PGAS.  PGAS turun 16% lebih hari ini.  Suport 1.700 ditembus juga.  Tinggal suport di level psikologis 1.500 yang tersisa.

Lantas bagaimana? haruskah kita ikutan lari tunggang langgang juga?  Saya sih sudah semenjak kemarin posisi santai.  Posisi minim, hanya posisi trading kecil.

Regional sih… Hang Seng buka setelah kemarin tutup.  Dibuka dibawah, tapi ditutup dibwah open.  Yang jual pagi sudah menyesal.  Tapi.. apakah itu berarti DJI akan naik? belum jelas juga.  Yang jelas.. DJI semalam masih ditutup diatas suport pertama.  Masih ada harapan.

IHSG sendiri.. berhubung new low.. kalau mau bullish.. lihat suport di 5.600.  Kalau bisa bottoming diatas level itu, bisa saja koreksi ini adalah subwave 5 dari wave 5.  Kalau suport itu tembus.. ya sudah.. bisa 5450 – 5500.. bisa 5150 – 5200 bottomnya.  Kita lihat saja nanti.

So… kenaikan suku bunga yang dilakukan BI.. sebenarnya terlalu grusa-grusu.  Sudah gitu, karena tidak terlalu memberikan hasil, pasarnya juga masih ketakutan.  Kita harus nunggu ‘fear’ itu berlalu.  Masalahnya: kenaikan suku bunga The Fed kan masih sampai setahun lagi.  Emang bunga acuan BI mau dijadikan berapa? 15%?

Santai Broh.. market bearish memang begini.  Selamat menikmati.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: