Advertisements

Habis Bearish, disuruh Bullish lagi?*


Assalamu’alaikum selamat pagi…

Baru kemarin memang indeks Dow Jones Industrial terkoreksi lebih dari 600 poin.  IHSG juga baru kemarin memberikan signal negatif dengan sempat menembus suport penting di 5.669.  Akan tetapi.. bukannya malah turun.. DJI tadi malam malah naik 401,13 poin (+1,63 persen) sehingga ditutup pada level 24.994,46.  

Kalau mau ngomong bullish niy… DJI ditutup cukup jauh diatas resisten pertamanya di level 24.900.  Penembusan resisten ditengah trend turun adalah sebuah signal positif.  Kalau mau bullish lagi.. lihat saja divergensi RSI(14) yang terjadi.  Itu semua signal positif.  Masalahnya: DJI semalam hanya ditutup diatas R1 24.900… tapi gagal menembus level psikologis 25.000.  DJI gagal close di high.  Pelaku pasar juga masih ragu-ragu.. apakah DJI memang sudah cukup kuat untuk mengawali trend naik.. atau hanya sekedar ‘mengakhiri trend turun’.

Signal untuk adanya teknikal rebound memang sudah terlihat di market Asia kemarin.. terutama market Indonesia.  Dibuka di level terendah, dibawah suport penting 5.669 .. IHSG malah ditutup pada level 5.754.. tipis dibawah resisten pertama di 5.760.  Kalau IHSG bisa naik ‘sedikit’ saja hari ini.. IHSG sudah bisa memberikan signal positif.  Setidaknya kalau IHSG bisa ditutup diatas resisten 5.760.. trend jangka pendek IHSG sudah bukan lagi trend turun.  Akan tetapi.. apakah itu akan mengubah trend jangka menengah menjadi naik? Nanti dulu.  Dengan koreksi yang terjadi kemarin, dalam trend turun kali ini.. IHSG harus bikin high dulu diatas 5.869 untuk bisa mengakhiri trend turun jangka menengah.  Padahal.. Apakah IHSG bisa naik sampai diatas itu.. kok sepertinya berat ya.  Untuk hari ini saja.. IHSG masih berhadapan dengan resisten kuat di kisaran 5.775 – 5.800.  Masih berat sepertinya.  Plus satu lagi : karena IHSG kemarin naik ketika regional jatuh, bisa jadi IHSG bakal ‘sulit naik’ (saya gak mau bilang IHSG turun ye.. hehehe..) ketika regional sedang membaik.   Minimal…  pemodal masih akan berhati-hati dalam mensikapi kenaikan.. ketika kemarin mereka ‘menantang regional dengan gagah berani.. jangan menutup peluang untuk munculnya aksi profit taking ketika regional malah menguat.

Satu hal yang menarik perhatian saya kemarin: Saham GGRM kemarin ditutup jauh dibawah ketika saham-saham lain cenderung resisten testing.  Apakah GGRM hari ini akan ‘diangkat’ untuk ‘menjaga’ IHSG’ ketika saham-saham lain tertekan?  Kita lihat saja nanti.

Weleh.. Dow naik segitu.. kok barusan (jam 8.35) saya lihat Indeks Hang Seng malah dibuka dibawah(turun) .. Strait Times juga dibuka dibawah meski terakhir agak naik.  Hati-hati Ges.. market sepertinya masih akan galau. 

IHSG pada hari ini diperkirakan bakal bergerak flat-naik pada kisaran 5695 – 5.800.  IHSG hanya memberikan signal negatif jika pada hari ini gagal untuk ditutup diatas suport pertama 5.695.  

So… hingga sore hari kemarin, saya masih dalam posisi ‘kosong’.  Saya kemarin sesorean diluar sehingga agak ragu untuk mengambil posisi.  Sempat saya baibek posisi trading dari saham TKIM yang saya lakukan, tapi saya lepas lagi ketika closing session.  Yang jelas.. saya hanya mau buy and hold jika sudah ada signal positif untuk trend jangka  menengah.  Jika belum ada signal positif, saya tetap dalam posisi trading.. berusaha mencari kesempatan pada saham-saham yang memiliki volatilitas lebar.

Oh iya.. baiknya.. jangan tabrak kanan di preop.  Takutnya ini market Sell On Strenth.. orang hanya bisa lepas dari posisi beli yang sudah kemarin mereka lakukan.. sambil IHSG ‘dijaga’ pake GGRM.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: