Advertisements

Ketika Dow kembali memberikan signal negatif…*


Assalamu’alaikum selamat pagi…

Kemarin sore… saya mencoba ambil posisi kecil.. berharap regional (dalam hal ini Dow) bisa naik pada pergerakan malam hari.   Sebelum tidur.. saya sempat ngintip pergerakan indeks Dow Jones Industrial (DJI) … naik lebih dari 200 poin.  Pagi-pagi bangun.. Dow ditutup pada level 24,442.92, turun  245.39 poin  (-0.99 persen)… hehehe. Dudul bener ini market.   Kabar jeleknya: Penutupan DJI di 24.442,92 itu.. tipis dibawah suport pertamanya di level 24.445.  DJI ditutup tipis dibawah suport.  Artinya: saya harus exit posisi. Kabar bagusnya: posisi saya kemarin ITMG dengan rata-rata sekitar 26.0xx (sedikit diatas Rp 26.000) … tadi pagi langsung saya eksekusi … laku di pre op.   Dah.. bersih posisi saya di detik pertama perdagangan.

Masalahnya kan begini: penutupan dibawah suport pada indeks Dow Jones Industrial (DJI) semalam.. membuat saya kembali memandang chart DJI jangka pendek saya: kemana sih ini arahnya?  

Dengan asumsi bahwa DJI bakal terkoreksi dengan pola Zig-zag (teori lain menyebut sebagai bump and run).. DJI sedang membuka peluang untuk turun hingga dibawah level psikologis 24.000 .. level psikologis dimana DJI berada.  DJI kembali berada dalam trend turun… dengan sentimen perang dagang kembali mengemuka.  Mau punya posisi?

Loh pak.. kalau DJI mau turun.. IHSG kok malah menguat? Tadi sempat high di 5.788.. ini masih running di sekitar 5.770 .. masa sih kita mau ikutan dengan regional?

Perhatikan aliran dana asing di pasar reguler deh.  Pemodal asing sebenarnya sudah 3 hari (sejak kamis 26 Oktober) berada dalam posisi net buy.  Gak terlalu besar memang.. belum pernah diatas Rp 500M .. dan totalnya belum ada Rp 1 trilyun.  Posisi net buy jangka pendek dari pemodal asing, sebenarnya sudah dalam posisi nol (impas) sekitar hari Rabu.  Pemodal asing memang sudah tidak ada posisi untuk dijual.  Itu yang membuat IHSG bisa kuat.. meski regional sedang bermasalah.

Lantas Pak Tommy ngapain? Saya sih wait and see.  Toh selama tidak ditutup diatas R1 5.815 IHSG belum memberikan signal positif untuk hari ini.

Lantas… nasehat apa yang perlu diperhatikan oleh inpestor untuk sore hari ini? Saya sih lihat ada dua sektor yang bermasalah: saham-saham sektor konstruksi .. dan saham-saham penghasil nickel.  Saham-saham dari kedua sektor ini.. terlihat memiliki potensi koreksi yang cukup signifikan. dengan trend turun yang cenderung kuat.  Untuk sementara.. saya menghindari saham kedua sektor ini.

Apakah Pak Tommy gak gatel lihat saham-saham sektor perbankan bergerak naik? Saya sih terus melihat kinerja dari saham sektor perbankan.  Laba bersihnya.. kebanyakan cuman bisa inline (sesuai harapan) atau malah dibawah ekspektasi konsensus.  Kalau sudah begini.. pergerakan naik yang ada.. itu bukan ‘fundamental driven’ .. udah gitu.. kenaikan hanya mampu membawa harga saham sekitar 1-2 poin diatas R1… padahal market masih ada sekitar 1 jam.  Semua masih bisa terjadi.

So… saya masih dalam posisi wait and see.  Resiko terlalu besar untuk memaksakan posisi beli.. apalagi posisi beli simpan.  Saya sudah mencoba dan gagal semalam.  Saya gak kepingin mencoba untuk kedua kalinya.

Kalau dana asing sedang tipis..  kalau aktifitas dari fund manager asing sedang sedikit… IHSG memang bisa bergerak semau-maunya.  Saya memilih mengambil sikap : lebih baik terlambat daripada keliru.

Santai saja… woles.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.


Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: