Advertisements

Menanti Asing…*


Assalamu’alaikum selamat pagi…

Namanya Om Donald Trump… ya begitu itu.  Ketidakjelasan akan statement bahwa akan ada deal trade dagang dengan China.. membuat indeks Dow Jones Industrial (DJI) terkoreksi 109,91 poin (-0,43 persen) pada hari Jumat, berseberangan dengan posisi Dow Futs Jumat sore WIB yang masih running +200 poin lebih.  Ditutup di level 25.270,83 .. indeks ini masih berada dalam trend naik jangka pendek karena masih diatas uport pertama 25.261.  Meski terkoreksi, posisi penutupan DJI sebenarnya gak jelek-jelek amat.   Masalahnya: karena berseberangan dengan posisi Futs sore.. market Asia pagi ini cenderung terkoreksi.  HSI pagi ini sudah running dibawah suport pertama.  Suasana agak mencekam.

IHSG seminggu terakhir bergerak naik dengan didorong oleh aksi beli dari pemodal asing.  Aksi beli ini, sepertinya terkait dengan kenaikan peringkat rekomendasi yang dilakukan oleh Morgan Stanley, salah satu house besar di ‘dunia persilatan’ dunia.  Apakah trend naik IHSG akan berlanjut… sepertinya kita tetap harus melihat kekuatan dari arus beli pemodal asing tersebut.

Secara teknikal IHSG hari ini akan bergerak diantara suport 5.873 dan resisten di 5.980.  Penutupan dibawah suport pertama 5.873 akan menjadi signal negatif untuk pergerakan IHSG yang saat ini sedang berada dalam trend naik jangka pendek.

So… Basic strategy saya hari ini adalah BOW dengan berharap IHSG dan saham-saham masih berhasil ditutup diatas suport.  Akan tetapi.. kalau net buy asing terlihat lemah dan IHSG running diatas suport 5.783.. berarti saya harus mengurangi posisi.  Kalau melihat chart Rupiah.. sepertinya penguatan lanjutan ke kisaran 14.500 – 14.600 terlihat masih memungkinkan.  IHSG juga trend naik jangka pendek ini.. sepertinya juga masih bisa berujung pada resisten 5.980 .. kalau extended baru bisa 6.100 – 6.200.  Cuman.. volatilitas global kan memang masih tinggi.. ditambah sumber dari volatilitas.. itu kan orang ‘tidak lurus’ yang bernama Trump.  Saya hanya bisa mengikuti arus saja.  Berharap tidak tenggelam.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: