Advertisements

Pergerakan #IHSG Pasca Pemilu…*


Selamat pagi…

Kemarin … Pemilu 2019 sudah dilaksanakan. Quick count.. Jokowi unggul… tapi Prabowo.. masih terlihat melakukan perlawanan. Bagi sebagian orang, terutama karena Pasar Modal adalah pendukung Jokowi … sudah berteriak-teriak bahwa IHSG akan bullish.. pesta pora.. Jokowi menang. Di sisi lain.. Prabowo juga klaim akan kemenangan.

Kira-kira.. reaksi pasarnya seperti apa ya? Market naik? Atau turun?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut… saya ingin mengajak anda flashback … melihat apa yang terjadi pada tahun 2014. Kondisinya kurang lebih sama sebenarnya. Jokowi menang di Quick Count.. dan Prabowo juga melakukan klaim kemenangan (ditambah pake sujud syukur yang historis itu). Nah.. reaksi pasarnya.. ternyata seperti apa yang ada pada gambar berikut ini:

IHSG pasca Pemilu 2014
Pergerakan IHSG pasca Pemilu 2014

Ketika Pemilu 2014… IHSG .. sehari sebelumnya (H-1) ditutup pada level 5.024,71. Pada sehari setelah Pemilu (H+1) IHSG sempat mengalami kenaikan sebesar 2.8 persen, sebelum ditutup dengan kenaikan hanya sebesar 1.46 persen. Dilihat pada gambar.. IHSG candlestick IHSG terlihat mengalami lompatan ketika pembukaan.. tapi candle akhirnya hanya berbentuk spinning dengan body hitam kecil, dengan tail yang sangat panjang diatas dan dibawah. Dari bacaan dari candlestick tersebut.. bunyinya begini:

  • Pelaku pasar semangat di pagi hari.. menganggap hasil pemilu adalah positif.
  • IHSG kemudian terus bergerak naik hingga 2,8 persen.
  • Akan tetapi.. karena adanya klaim dari Prabowo bahwa dia adalah pemenang Pemilu, maka IHSG kemudian bergerak turun hingga dibawah posisi pembukaan.
  • Harga sempat bergerak turun.. tapi kemudian ditutup agak ke atas.. meski tetap dibawah open.

Dari pergerakan itu.. terlihat bahwa Sentimen pasar pada H+1 terlihat memang positif (karena IHSG bergerak naik. Akan tetapi.. orang yang semangat beli pagi… maka akan pulang di sore hari dalam kondisi nyangkut, karena harga penutupan sore berada di bawah harga pembukaan di pagi hari. Yang bisa meraup keuntungan, adalah orang yang melakukan strategi ‘sell on strength’ ketika harga bergerak naik terlalu bersemangat. Bagi mereka yang belum ada posisi… hanya posisi Buy On Weakness yang memberikan kesempatan untuk untung. Itupun ketika itu harus di lepas lagi di sore hari.. karena pada H+2 dan H+3 .. IHSG kemudian bergerak turun.. bahkan hingga dibawah harga tertinggi ketika H+1.

Fakta lain yang menarik yang bisa dilihat pada gambar diatas adalah: IHSG tertekan hingga H+3 .. ditengah bursa regional yang kala itu cenderung bergerak naik. Ini memperlihatkan bahwa pasar modal ketika itu, terlihat cenderung berhati-hati (dan rasional) dalam mensikapi hasil pemilu. Pasar terlihat butuh setidaknya 3 hari untuk mencerna hasil pemilu, sebelum kembali mengikuti pergerakan dari bursa global.

Itu yang terjadi pada saat Pemilu 2014.

Apa yang harus kita lakukan sekarang dalam mensikapi hasil Pemilu 2019?

Saya sih kurang lebih akan melakukan hal yang sama. Saya kemarin memang sudah ada posisi meski tidak banyak… hanya sekitar 1/2 porto. Saya hari ini hanya berusaha melakukan Sell On Strength.. berharap ‘jemuran’ saya disamber market ketika harga bergerak naik (kalau naik niy.. hehehe). Setelah itu.. baru saya mencari kesempatan.. barangkali bisa mencari posisi ketika ‘semangat dari market’ sedikit mereda.

So.. bagaimana dengan anda? atau.. jangan-jangan kali IHSG langsung bergerak turun karena saat ini peran dari Lembaga Quick Count lebih tidak bisa dipercaya dibandingkan dulu?

Kita lihat deh.. yang jelas.. saya pagi ini sudah pasang jemuran dulu.

Happy trading… semoga barokah!!!

Satrio Utomo

*disclaimer ON

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: