Advertisements

Tata Niaga (Gula) di Sebuah Negara Besar…


Selamat pagi…

Indonesia adalah sebuah negara besar. Besar dari sisi geografi, demografi, dan kekuatan ekonomi.

Nggak cuman besar sebenarnya. Raksaksa .. lebih tepatnya. Sedemikian besar sehingga segala sesuatu dari kita.. itu pastilah besar. Ibarat raksaksa yang jarinya besar.. kepalanya besar.. ‘anu’nya juga besar .. Indonesia itu juga ‘angka-angkanya’ besar. Sedemikian besar hingga ketika kita melangkah.. ketika kita berbuat sesuatu.. bisa mengguncangkan dunia.

Salah satu contoh yang ingin saya sampaikan pada tulisan ini adalah.. mengenai masalah Gula di Indonesia. Ceritanya begini:

Indonesia itu negara besar. Konsumsi gula kita itu…. tergolong normal. Dilihat dari data yang didapat dari USDA .. konsumsi gula per kapita kita itu.. berada pada ranking 80.. dengan konsumsi sebanyak 26 kg atau setara dengan 6.444 sendok teh per tahun (hah? 17.6 sendok teh sehari? bener enggak ini ya?)

Konsumsi Gula Indonesia

Kurang lebih seperti itu deh. Data dari Statista menunjukkan bahwa Indonesia itu.. merupakan negara dengan konsumsi gula terbesar ke 6 di dunia.

Dari jumlah itu… ternyata tidak semuanya mampu diproduksi Indonesia. Neraca gula kita memang selalu minus… sisanya dipenuhi melalui impor. Produksi gula Indonesia.. hanya 1/3 dari total konsumsi.. sisanya impor.

Ini miris sebenarnya .. karena dulu.. kita pernah menjadi negara eksportir gula terbesar kedua di dunia.

Mirisnya lagi…. karena menurut Faisal Basri… Import tersebut… menghasilkan keuntungan yang sangat besar bagi ‘orang-orang tertentu.

Import gula kita… angkanya luar biasa:

Indonesia negara pengimpor gula terbesar nomor 1

Angka ini.. terus meroket semenjak tahun 2008.

Sudah gitu.. Importir.. selalu memperoleh keuntungan yang luar biasa besar. Ini karena harga gula dalam negeri.. terlihat stabil lebih dari 3 kali harga gula internasional.

Keren banget loh itu angkanya.. keuntungan US$8 x 4.4 juta ton = US$ 35.2 juta. Keuntungan ini.. dibagi hanya dibagi untuk delapan hingga sebelas perusahaan.

Bagaimana.. asyik kan?

Indonesia adalah sebuah negara besar… kita juga harus ‘terbiasa’ dengan angka-angka besar.

Nanti saya lanjutkan ya.. ini mau opening market dulu….

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: