Tata Niaga (Gula) di sebuah Negara Besar … (update 1)


Selamat pagi…

Indonesia adalah sebuah negara besar. Besar dari sisi geografi, demografi, dan kekuatan ekonomi.

Nggak cuman besar sebenarnya. Raksaksa .. lebih tepatnya. Sedemikian besar sehingga segala sesuatu dari kita.. itu pastilah besar. Ibarat raksaksa yang jarinya besar.. kepalanya besar.. ‘anu’nya juga besar .. Indonesia itu juga ‘angka-angkanya’ besar. Sedemikian besar hingga ketika kita melangkah.. ketika kita berbuat sesuatu.. bisa mengguncangkan dunia.

Salah satu contoh yang ingin saya sampaikan pada tulisan ini adalah.. mengenai masalah Gula di Indonesia. Ceritanya begini:

Indonesia itu negara besar. Konsumsi gula kita itu…. tergolong normal. Dilihat dari data yang didapat dari USDA .. konsumsi gula per kapita kita itu.. berada pada ranking 80.. dengan konsumsi sebanyak 26 kg atau setara dengan 6.444 sendok teh per tahun (hah? 17.6 sendok teh sehari? bener enggak ini ya?)

Konsumsi Gula Indonesia

Kurang lebih seperti itu deh. Data dari Statista menunjukkan bahwa Indonesia itu.. merupakan negara dengan konsumsi gula terbesar ke 6 di dunia.

Dari jumlah itu… ternyata tidak semuanya mampu diproduksi Indonesia. Neraca gula kita memang selalu minus… sisanya dipenuhi melalui impor. Produksi gula Indonesia.. hanya 1/3 dari total konsumsi.. sisanya impor.

Ini miris sebenarnya .. karena dulu.. kita pernah menjadi negara eksportir gula terbesar kedua di dunia.

Mirisnya lagi…. karena menurut Faisal Basri… Import tersebut… menghasilkan keuntungan yang sangat besar bagi ‘orang-orang tertentu.

Import gula kita… angkanya luar biasa:

Indonesia negara pengimpor gula terbesar nomor 1

Angka ini.. terus meroket semenjak tahun 2008.

Sudah gitu.. Importir.. selalu memperoleh keuntungan yang luar biasa besar. Ini karena harga gula dalam negeri.. terlihat stabil lebih dari 3 kali harga gula internasional.

Keren banget loh itu angkanya.. keuntungan US$8 x 4.4 juta ton = US$ 35.2 juta. Kalau di Rupiahkan.. yah kurang lebih setara dengan Rp 500 miliar lah. Suatu jumlah yang tidak bisa dibilang kecil.

Nah.. penikmat dari keuntungan ini .. tentu saja belum tentu ‘sebagian besar rakyat Indonesia’. Angka Rp 500 miliar ini.. kemudian hanya hanya dibagi untuk delapan hingga sebelas perusahaan. Siapa perusahaan itu? Yah.. ada yang BUMN .. ada Koperasi Tentara .. dan tentu saja swasta.

Bagaimana.. asyik kan?

Dari tulisan di atas… ada beberapa hal yang merupakan benang merah yang bisa kita tarik.

Pertama : Indonesia Kita saat ini.. adalah sebuah negara besar. Besar dalam jumlah penduduk.. besar juga dalam skala ekonomi.

Kedua : Sebagai sebuah negara besar.. Indonesia itu membutuhkan barang dan jasa.. terutama dalam konteks tulisan ini: Barang untuk DIMAKAN. Barang untuk dikonsumsi. Jumlah barang itu.. tentu saja besar.

Ketiga: Barang-barang yang dikonsumsi oleh rakyat Indonesia itu.. dulu sebenarnya bisa saja barang yang sudah bisa kita penuhi sendiri. Barang yang diproduksi oleh Bangsa Indonesia sendiri. Tapi.. karena pertumbuhan yang luar biasa besar dan luar biasa cepat .. kita terpaksa impor.

Keempat: Ketidakseimbangan antara suplai dan demand, adalah merupakan salah satu alasan.. mengapa kita harus impor.

Kelima : akan tetapi.. belajar dari kasus Beras… mengapa kita harus impor.. itu belum tentu karena masalah ketidakseimbangan suplai dan demand, atau ketidakcukupan produksi barang. Tapi lebih karena impor itu menguntungkan sebagian pihak. Dalam kasus Gula.. jelas impor gula memang menguntungkan.. karena harga gula dalam negeri lebih tinggi dari harga gula di luar negeri.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.



Comments
One Response to “Tata Niaga (Gula) di sebuah Negara Besar … (update 1)”
Trackbacks
Check out what others are saying...
  1. […] Besarnya angka-angka itu, membuat profit yang bisa dihasilkan dari ‘pengaturan tata niaga.. me… […]



Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: