Ketika Asing (Asli) sudah meninggalkan @Jokowi …*


Selamat pagi…

Ketika mengamati aliran dana asing… saya itu selalu hanya mengamati data Aliran Dana Asing yang ada di Pasar Reguler. Aliran Dana Asing di Pasar Reguler ini, memang lebih bisa dipercaya karena bebas dari transaksi Pasar Negosiasi yang sering kali belum tentu merupakan transaksi Asing yang sebenarnya (Asing Aseli). Asing yang asli itu ada di pasar reguler… sedangkan Asing yang bercampur dengan Aseng.. itu ada di Aliran Dana Asing yang keseluruhan.

Saya itu.. karena sudah jarang membuat ulasan mengenai market.. jadi jarang juga melihat aliran dana asing. Baru semalam saya sempat lihat. Ternyata… hehehe… kacau banget. Kalau dana asing keluar besar-besaran di tahun 2018 .. itu bukan barang baru. Akan tetapi.. kalau kebijakan kenaikan cukai rokok yang baru kemarin itu ternyata malah membuat pemodal asing semakin terbirit-birit meninggalkan Indonesia.. hehehe. Itu saya baru ngeh… itu juga saya baru tahu.

Dari gambar diatas bisa dilihat.. bahwa Posisi dari pemodal asing yang tadinya masih berkisar minus Rp 50 trilyun.. kemudian semakin berkurang menjadi sekitar minus Rp 65 trilyun. Asing yang sudah dalam kondisi buruk … semakin lari terkencing-kencing gara-gara kebijakan itu. Waduh.. semakin memprihatinkan lagi deh.. kondisi market kita.

Eh.. akan tetapi.. bagaimana dengan Data Aliran Dana Asing untuk Total Market… apakah kondisinya juga sama?

Hehehe.. ternyata tidak. Dana asing memang terlihat keluar sebesar Rp 20 trilyun (angkanya lebih besar)… tapi angka aliran dana asing di total market.. masih tercatat positif sebesar Rp 20 trilyun.

Kalau membaca grafik di atas.. bunyinya bakal seperti : ‘asing keluar 20 trilyun’.. tapi posisi asing tetap positif.. Asing masih percaya sama bursa kita kok.. hehehe.

Well… Posisi dari Pemodal Asing di Pasar Reguler itu memang masih positif. Tapi itu gegara transaksi pasar nego di saham BDMN di bulan April sebesar Rp 52 trilyun .. plus transaksi pasar nego di saham FASW di bulan Juni.

So… kalau Jokowi kemudian terheran-heran melihat bagaimana banyak pabrik yang pindah dari China kemudian tidak memilih Indonesia sebagai tempat tujuannya… itu sebenarnya cuman #Drama. Dia tahu kok.. bahwa kebijakan yang dia lakukan.. sebenarnya gak populer di kalangan Investor Asing (yang Asli). Asing yang asli.. sudah lama keluar dari Indonesia. Kebijakan Cukai Rokok kemarin.. hanya membuat mereka semakin terbirit-birit keluar dari Indonesia. Cuman.. karena data yang dipegang orang-orang di sekitar Jokowi kemungkinan besar hanya data ‘Aliran Dana Asing di Total Market’ .. ya sudah deh. Karena data yang dipegang oleh orang-orang Jokowi itu.. kemungkinan besar adalah data-data ABS (Asal Bapak Senang) yang bunyinya masih ‘Investor Asing Percaya Pada Indonesia’. Tentu saja tetap dengan menyembunyikan.. bahwa pengaruh dari kebijakan cukai yang baru itu.. telah membuat pemodal asing hengkang sebesar Rp 20 trilyun dari Bursa Efek Indonesia.

Happy trading… semoga barokah!!!
Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual setelah anda membaca ulasan ini. Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: