CheatSheet untuk 4 Desember 2009*

PERINGATAN: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA

PERINGATAN: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA

Beberapa catatan tambahan:

  • Terus terang… saya baru sadar tadi.  Resisten di level 2475, ternyata bukan hanya resisten dari trend turun, tapi juga ‘berpotensi’ untuk berfungsi sebagai resisten dari sebuah triangle.  Targetnya: 2700 – 2800.  Artinya: potensi IHSG untuk retest high telah terbuka.
  • Meskipun demikian, saya tidak kepingin terlalu exited dulu.  Untuk sementara, saya masih pasang target di resisten 2525 – 2575 dulu.  Level tertinggi IHSG di bulan Oktober kemarin.  Jika resisten itu mampu ditembus, baru saya extra bullish.
  • Penembusan resisten adalah saat yang tepat untuk melakukan posisi spekulatif.  Mengapa? Karena pada titik tersebut, resikonya relatif rendah.  Kalaupun saya harus cut loss, posisi stoplossnya relatif pendek.  Jadi kerugiannya juga minimal.  Saya sih tadi sore positioning. Tapi, jika besok IHSG ditutup dibawah 2475.. berarti saya harus exit lagi.
  • Saham yang masih memiliki potensi kenaikan yang cukup diantaranya: AALI, PTBA, dan UNVR.  Pada BMRI dan BUMI juga sudah terjadi penutupan gap.  Ini artinya, jika saham ini menembus resistennya, maka akan terbuka potensi kenaikan yang cukup.  Saham yang terlihat menarik karena berada di suport level diantaranya adalah SMGR dan BDMN.
  • Akan tetapi, bukan berarti tidak ada saham yang bearish.  Potensi penurunan terlihat pada BBCA, dan posisi ELTY yang kembali dibawah gap, tetap membuat saya berhati-hati.

Outlook bullish ini, landasannya adalah penembusan atas resisten 2475.  Akan tetapi, jika IHSG kembali ditutup dibawah suport barunya ini, ya.. sudah… berarti kita memang masih bearish.

Happy trading… semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: