CheatSheet untuk 20 November 2009*

PERINGATAN: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA.

PERINGATAN: HATI-HATI DALAM MELAKUKAN TRANSAKSI BERDASARKAN TRADING PLAN ORANG LAIN KARENA SETIAP ORANG MEMILIKI PREFERENSI RESIKO YANG BERBEDA.

Beberapa catatan tambahan:

  • Hingga penutupan sore tadi, terdapat dua saham yang menunjukkan signal reversal: BMRI dan ITMG.  Tolong diperhatikan bahwa target 4300 untuk BMRI dan 24.000 untuk ITMG tersebut, adalah target maksimal.  Target minimal untuk BMRI ada di level 4625, sedangkan untuk ITMG ada di 25350.  Hati-hati jika melakukan posisi jual.  Perhatikan apakah target minimal tersebut bisa menjadi suport.
  • BUMI masih ditutup diatas suport 2575.  Masalahnya, stoploss untuk saham ini agak tricky karena posisi dibawah suport 2575 terdapat level psikologis 2500.  Jika kita menggunakan stoploss close di 2550 atau kurang sebagai stoploss, saham ini masih menarik untuk dibeli.  Tapi, jika kita menggunakan stoploss close dibawah 2500, level harga sekarang jadi tidak menarik untuk beli.  Terus terang sih, jika BUMI turun, saya lebih senang melakukan posisi beli di 2475 dengan stoploss ketat 2 poin exit (2425 kejadian, tutup mata buang.. hehehe).. tapi cara ini sangat beresiko.  Improvisasilah.. saham seperti ini memang suport dan resistennya sangat fleksible.  Satu hal yang masih saya percaya: selama harga masih diatas 2575, masih ada tenaga ke 2900 – 3100.  Cuman ya itu.. posisi stoplossnya sangat tricky.
  • Gara-gara pergerakan lebar pada tanggal 18 November lalu, posisi ASII juga menjadi tricky.  Ditutup dibawah 33.500, harusnya bisa menjadi signal bearish dengan target ke 31.500 – 32.150.  Akan tetapi, long tail itu, membuat semuanya menjadi ragu-ragu.  Saya sih tadi masuk di 33000 cuman gara-gara saya lihat IHSG masih akan ditutup diatas suport (jujur, saya baru sadar kalau suport hari itu di 33.500 setelah market tutup.. saya juga cuman manusia kok… hehehe).  Kita lihat besok deh…
  • Suport IHSG di 2450.  Jika IHSG ditutup dibawah suport ini, saya akan full cash.  Posisi saya hanya tinggal ASII itu doang.. 😦

Happy trading, semoga untung!!!

Perencana Trading

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda membaca ulasan ini.  Terima kasih.


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: