Advertisements

Tentang Komunitas Rencana Trading

Komunitas Rencana Trading adalah sebuah komunitas trader pembelajar (learning traders) yang berusaha untuk memperoleh keuntungan dari pasar modal dengan berdasarkan atas prediksi yang dilakukan dengan menggunakan analisis teknikal klasik.

Ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan:

  • Yang dimaksud dengan komunitas trader ini, berarti anggota dari komunitas ini bukanlah seorang investor (lihat: Ketika Trading berbeda dengan Investasi)
  • Learning traders ini artinya adalah trader yang belajar bersama-sama dalam melakukan pembelajaran atas ilmu-ilmu teknikal yang ada, dan kemudian menerapkan ilmu tersebut, baik untuk prediksi pergerakan harga ataupun indeks, maupun untuk melakukan trading saham di Bursa Efek Indonesia.
  • Didalam komunitas ini, kita saling berbagi ilmu.  Ilmu yang diperoleh baik dari saya selaku fasilitator (untuk sementara, fasilitatornya baru satu orang), maupun dari para anggota (member).  Sharing ini dilakukan baik melalui tulisan-tulisan yang ada di weblog ini, melalui chatroom, email, maupun melalui pertemuan-pertemuan (gathering) yang nantinya akan sering diadakan.
  • Dalam komunitas ini, saya akan berusaha untuk berperan sebagai fasilitator bagi para traders yang ingin mempelajari bagaimana cara memprediksi dengan menggunakan analisis teknikal klasik.  Untuk sementara, fasilitatornya memang baru saya sendiri.  Kedepan, semua memang masih bisa berubah.
  • Yang dimaksud sebagai analisis teknikal klasik disini adalah salah satu cabang dari analisis teknikal, analisis pergerakan harga dengan menggunakan chart, yang berdasar pada teori-teori klasik, seperti: Suport, resisten, dan trend; pola pergerakan harga, fibonacci retracement, candlestick, Elliot Wave, dsb.
  • Selaku fasilitator, saya berusaha sedapat mungkin untuk tidak menggunakan analisis teknikal modern (analisis teknikal yang menggunakan indikator teknikal).  Saya melakukan ini berdasarkan dari pengalaman bahwa indikator teknikal memiliki banyak konsep yang mudah membuat pemakainya mengalami kebingungan akibat presisi prediksi yang rendah, serta adanya ketergantungan pada pembuat indikator.  Kita disini mempelajari keuntungan yang diperoleh dengan memprediksi arah pergerakan harga.  Bukan sekedar signal beli atau signal jual.
  • Hal terpenting yang dipelajari disini adalah: Bagaimana kita memperoleh presisi prediksi yang setinggi-tingginya, dan kemudian menterjemahkan prediksi tersebut kedalam sebuah posisi trading, melalui sebuah rencana trading.
  • Rencana Trading adalah sebuah tabel yang berisi rencana atas apa yang harus dilakukan pada saham-saham yang menjadi fokus dari seorang trader.  Sebagai contoh, saya melakukan sharing atas lembar CheatSheet yang bisa diakses di dalam member area.  Pada cheatsheet ini, seorang trader melakukan positioning (posisi beli atau jual) berdasarkan prediksi arah pergerakan harga (target price), dan berdasarkan penghitungan potensi keuntungan yang bisa didapatkan jika dibandingkan dengan resiko yang kemungkinan akan dialami (reward to risk ratio).
  • Prinsip dalam melakukan transaksi:  BELI KETIKA HARGA AKAN BERGERAK NAIK, DAN JUAL KETIKA HARGA AKAN BERGERAK TURUN.
  • Trading dengan rasa senang (happy) karena dilakukan berdasarkan prediksi teknikal yang prima, baik ketika market akan bergerak naik atau bullish, maupun (dan terutama) ketika market akan bergerak turun atau bearish.

Saya menyadari bahwa saya hanya seorang manusia yang tidak terhindar dari kesalahan dan masih jauh dari kesempurnaan.  Akan tetapi, saya akan terus berusaha untuk memberikan yang terbaik, bagi kemajuan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia.

Berminat untuk bergabung? Anda bisa melihat persyaratan untuk bergabung pada halaman membership berikut ini.

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

Trader – Technical Analyst

Advertisements
  • Visit Website of Our Visitors

%d bloggers like this: