15.45*


Selamat sore…

Godaan untuk beli, sore ini benar-benar besar.  Maklum, IHSG sudah mencapai kisaran target dari skenario wave di 3400-3450.  Akan tetapi, masalah kemudian timbul karena indeks HangSeng ditutup menembus suport retracement 50%nya di 17980.   Kegagalan suport ini untuk bertahan, telah membuat indeks ini memiliki potensi penurunan hingga kisaran 16000-16500.  HSI masih bisa turun lagi.

Harapan sebenarnya sempat muncul.  Harapan muncul dari penurunan IHSG yang terlalu dalam dibandingkan dengan koreksi yang terjadi di bursa regional. Harapan lain sebenarnya juga muncul dari posisi fund flow asing di tahun 2011 ini yang sudah mulai mendekati titik impas.  Dari hitungan yang kami lakukan, posisi net buy asing untuk tahun 2011 hingga pagi hari tadi, sudah tinggal tersisa Rp 2 tr – Rp 5 tr.  Dengan posisi net sell asing yang hampir mencapai Rp 2 tr, sepertinya barang jangka pendek yang dimiliki, sudah tidak banyak lagi.  Tapi tetap saja: kalau kita melihat posisi asing sejak bottom 2008… net buy asing masih tercatat sebesar Rp 40 tr – Rp 45 tr.  Bagaimana kalau asing mulai melepas posisi jangka panjangnya?

Tapi… saya sedang tidak suka berharap.   Saya lebih suka yang realistis.  Karena posisi IHSG sudah di target jangka pendek saya, saya sih sedang antri beli untuk keperluan baibek.  Untuk posisi beli average down, sepertinya belum bisa karena resikonya masih cukup besar.  Saya saat ini masih berhitung… kemana IHSG kira-kira jika suport 3309 ditembus.  Kemana IHSG jika 3309 ditembus? Kita simpan sampai besok saja deh…   Semoga suport di 3309 masih bisa bertahan.

Happy trading… semoga untung!!!

Satrio Utomo

*bacalah halaman disclaimer sebelum anda melakukan posisi beli atau posisi jual berdasarkan ulasan ini.  Terima kasih.

 

 

Comments
2 Responses to “15.45*”
  1. ayahamel says:

    angka cantik -8.88% kalo no hp laku jutaan tuh… 🙂

Leave a comment

  • Visit Website of Our Visitors